Kapolda Mengaku Kesulitan Ungkap Pelaku Teror

Sutarman
Sumber :
  • Antara/ Fahrul Jayadiputra

VIVAnews -Bom sudah ada di sekitar kita. Jika sebelumnya barang laknat itu cuma masuk hotel bintang lima, pusat wisata orang asing seperti Legian, Kuta Bali, kali ini bom sudah masuk ke kantor di jalan kecil, perumahan yang jauh dari hiruk pikuk politik dan pertengkaran ideologi. Bom sudah mengejar sampai di rumah.

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Hari ini polisi menemukan sebuah bom di Perumahan Elit di Kota Wisata, Cibubur. Bom yang ditemukan tukang sapu ini jenisnya low explosive. Bom itu meledak sebelum dijinakkan. Bom juga ditemukan di sejumlah tempat, termasuk di rumah musisi Ahmad Dhani, di perumahan mewah Pondok Indah. Juga di rumah Japto Soeryosoemarno di kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan. 

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal (Pol) Sutarman mengaku kesulitan untuk mengungkap pelaku teror bom yang terjadi selama beberapa hari ini di Jakarta. Minimnya barang bukti menjadi penyebabnya.

"Memang ada kesulitan, karena barang buktinya sangat minim. Yang ditemukan hanya bom meledak dan hanya tersisa sisa-sisa ledakan. Jadi agak sulit untuk mengungkapnya," ujar Kapolda di Polda Metro Jaya, Jumat, 18 Maret 2011.

Namun, Polda Metro masih terus melakukan penelusuran di sejumlah lokasi yang ancaman bom. Polda masih mencari apakah terdapat berkas atau sidik jari yang tertinggal untuk mengungkap pelakunya.

Saat ditanya, apakah jenis peledak sama seperti sejumlah ledakan yang pernah terjadi di Poso atau Ambon, Sutarman mengaku belum bisa memberikan jawaban.

"Kami belum mengarah ke sana, karena masih dalam tahap penyidikan. Jadi tidak bisa diungkap dan belum bisa pastikan itu," jawab Kapolda.

Walau mengaku kesulitan mengungkap pelaku, Kapolda Metro Jaya menegaskan kondisi Jakarta belum siaga 1. "Karena kami sudah menghimbau masyarakat apabila menemukan benda mencurigakan tanpa mengetahui pengirimnya yang jelas, tidak usah membukanya. Laporkan dulu ke Polisi," ucap Sutarman.

Ada Kabar Jaksa Peras Saksi hingga Rp3 Miliar, KPK Bilang Begini
Polda Bali bersama bidang metrologi dan tertib niaga Disperindag kota Denpasar sidak SPBU

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman

Polisi melakukan sidak ke SPBU di sekitar Denpasar, Bali.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024