30 Persen Jalan di Jakarta Dipakai Parkir

parkir liar
Sumber :

VIVAnews - Masih berlakunya kebijakan parkir on street atau parkir di jalan masih menjadi kendala utama kemacetan di Jakarta. Hampir 30 persen jalan utama di Jakarta termakan untuk lahan parkir.

Menurut Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) Azas Tigor Nainggolan, Pemerintah DKI Jakarta tidak pernah memiliki komitmen dan ketegasan untuk mengatasi kemacetan Jakarta. Apalagi yang berhubungan dengan penertiban lahan parkir.

Tigor menilai, badan jalan sudah menjadi barang dagangan. Perdagangan izin parkir di sekolah, pasar, sekitar gedung perkantoran, dan pusat perdagangan selalu mendorong penambahan lahan parkir di tepi jalan.

"Harusnya parkir pinggir jalan ditertibkan, selain biayanya murah juga cepat dilakukan. Pemerintah DKI harus konsisten melakukan penegakan dan penindakan," ujarnya saat berbincang dengan VIVAnews.com, Senin 14 Maret 2011.

Kawasan jalan seperti Harmoni, Gajah Mada, Glodok, Salemba, Jatinegara, dan Tanah Abang adalah contoh kawasan yang masih banyak ditemui parkir pinggir jalan . Kawasan ini kerap mengalami kemacetan akibat banyak badan jalan yang termakan untuk parkir. "Tertibkan dan pasang rambu larangan parkir," ujarnya.

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Kepala Bagian Penertiban UPT Perparkiran DKI Jakarta, Dullaes Abdin menolak anggapan bila ada upaya jual beli lahan parkir, apalagi yang melibatkan okum petugas perparkiran.

Dia tidak membantah bila keberadaan lahan parkir pinggir jalan membuat kemacetan. Namun, sejauh ini pihaknya terus melakukan penertiban untuk menghapuskan parkir on street. "Di sepanjang jalur busway menjadi fokus utama penghapusan lahan parkir on street," ujarnya.

4 Tim Lolos 8 Besar Piala Asia U-23, Indonesia Siap Nyusul?

Penghapusan parkir di badan jalan secara jelas ditegaskan dalam UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan. Bentuk penegakan dapat dilakukan dengan menilang atau menderek dan memberi denda yang tinggi bagi pelanggar aturan parkir di badan jalan. (adi)

Azizah Salsha dan Pratama Arhan

Viral Curhat Pratama Arhan ke Azizah Salsha Usai Timnas U-23 vs Australia Bikin Gemes Netizen

Usai pertandingan tersebut, ternyata Pratama Arhan langsung curhat kepada sang istri, Azizah Salsha melalui pesan singkat.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024