Prijanto: Monorel Dibiayai DKI dan Pusat

Kereta monorel
Sumber :
  • www.fratkin.com

VIVAnews - Proyek monorel yang mangkrak di Jakarta diperkirakan berjalan kembali. Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto menyatakan, pendanaan monorel akan ditanggung oleh pemerintah pusat dan pemerintah DKI. Sebelumnya proyek ini didanai swasta.

Viral! Warung Kelontong di Spanyol Mirip di Indonesia, Netizen: Ini Mah Warung Madura

"Monorel sebenarnya sudah ada kesepakatan yaitu pembangunan infrastrukturnya Rp2,52 triliun yang ditanggung DKI dan pusat. Sedangkan komponennya termasuk rel Rp1,9 triliun oleh swasta,” kata Prijanto di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Rabu, 2 Maret 2011.

Tapi Prijanto tidak menjelaskan secara detail mengenai proyek ini. “Masih dalam kajian untuk detailnya.”

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Monorel adalah proyek yang sebelumnya sudah dianggap gagal. Konsep pembangunan monorel disodorkan sejak tahun 2003, yang dilanjutkan pembangunan fisik pada tahun Juni 2004. Tapi pembangunan fisiknya terhenti pada tahun 2007 yang hanya menyisakan tiang pancang monorel yang mangkrak.

Pembangunan terhenti karena PT Jakarta Monorel, selaku pelaksana kekurangan dana. Mereka tidak mampu mendapatkan dana yang kebutuhannya mencapai Rp5,4 triliun.

Ria Ricis Bahas Soal Tidur Bertiga Anak, Netizen: Nifas Masa Iya Mau Pacaran Mulu

Meski tak selesai, PT Jakarta Monorel selaku pelaksana proyek mengklaim kepada pemerintah atas biaya proyek yang telah dikeluarkan yang mencapai Rp600 miliar. Akhirnya setelah melalui proses audit oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Pemerintah DKI Jakarta diwajibkan untuk membayar hanya Rp204 miliar

Kini Pemerintah DKI Jakarta sedang melakukan kajian ulang mengenai desain proyek monorel itu, yang akan selesai pada dua bulan mendatang.

Tapi, pemerintah harus melihat lagi kondisi konstruksi yang sudah terpasang, apakah masih bisa dimanfaatkan lagi atau tidak. Selain itu, juga harus meminta perkiraan lagi bagaimana kondisi konstruksi yang telah lama mangkrak itu.

Rencananya monorel akan dibangun dalam dua jalur yaitu Green Line dan Blue Line. Green Line membentang sepanjang 14,2 kilometer melintasi Semanggi-Kuningan-Semanggi. Adapun jalur Blue Line sepanjang 12,2 kilometer melintasi Kampung Melayu-Casablanca-Tanah Abang-Roxy. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya