Hariman: Pemerintah Jangan Intervensi PSSI

Timnas Indonesia: Indonesia Lawan Filipina Leg II
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Aktivis Malari 1974, Hariman Siregar meminta pemerintah agar tidak mengintervensi PSSI yang akan menggelar Kongres di Bali, akhir Maret nanti. Pasalnya, hal itu akan membuat PSSI dikeluarkan dari keanggotaan Federasi Sepakbola Dunia (FIFA).

Pernyataan ini dilontarkan Hariman dalam sebuah jumpa pers di Cikini, Jakarta, Rabu 23 Februari 2011. Dalam acara ini, hadir juga juara dunia bulutangkis 1983, Icuk Sugiarto.

Hariman yang juga mantan Dewan Pakar PSSI periode 2003-2007 mengatakan, PSSI tidak bisa dilepaskan dari FIFA. Karena itu, PSSI mau tidak mau harus tunduk pada aturan yang telah dibuat oleh federasi sepakbola dunia tersebut.

"Statuta FIFA bukanlah hal yang perlu diperdebatkan. Pilihannya, kita ikut atau keluar dari FIFA," katanya.

Hariman juga menjelaskan bahwa sepakbola saat ini adalah sebuah bisnis besar. Karena itu, FIFA lewat statutanya berusaha untuk melindunginya dengan membuat statuta yang wajib diikuti oleh seluruh anggotanya.

"Sepakbola sekarang adalah bisnis besar. Jadi, tanpa statuta FIFA tidak yakin sepakbola ini bisa terproteksi dengan baik," katanya.

Mengenai kisruh yang terjadi di PSSI terkait verifikasi bakal calon yang maju pada Kongres PSSI, Hariman meminta pemerintah tidak ikut campur. Menurutnya, campur tangan pemerintah justru hanya akan membuat PSSI dikeluarkan dari FIFA.

"Bila PSSI sampai dikeluarkan dari FIFA, sepakbola Indonesia bakal ketinggalan. Saya tidak setuju kalau Indonesia sampai diban, karena itu akan membuat sepakbola kita ketinggalan lagi," beber Hariman.

Hariman lantas mencontohkan Federasi Sepakbola Yunani yang dibekukan FIFA. Kejadian ini menurut Hariman tak lepas dari intervensi pemerintah yang memaksakan aturan negaranya kepada sepakbola di sana.

"Karena itu, sebaiknya pemerintah jangan ikut campur. Namun, bagi saya pergantian kepengurusan PSSI yang demokratis itu perlu," ujar Hariman.

6 Tanda Kamu Terkena DBD, Kenali Gejalanya Sejak Dini agar Tidak Makin Fatal
Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid bersama petinggi PKB.

PKB Loyo Mau Gulirkan Hak Angket: Prabowo Sudah Keliling Partai

Hak angket terkait dugaan kecurangan pemilu diinisiasi kubu rival yang kalah di Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024