Cara Waria & Gay Bali Rayakan Hari Valentine

Waria memperingati Hari Anti Homophobia sedunia di Jakarta
Sumber :
  • Antara/ Salis Akbar

VIVAnews – Menyambut hari kasih sayang atau yang lebih dikenal dengan Valentine Day, sebuah komunitas Gay dan Waria di Bali melayani potong rambut massal gratis untuk masyarakat.

Kegiatan yang digelar oleh Yayasan Gaya Dewata ini menampilkan sekitar 15 orang gay yang memiliki keahlian dibidang penataan rambut. Layanan potong rambut itu diberikan secara cuma-cuma bagi warga yang kebetulan melintas di Museum Bali, Lapangan Puputan Badung Denpasar.

"Kami pilih potong rambut karena memang pekerjaannya simple dan tidak ribet. Semua orang kan juga perlu potong rambut, dan mereka dari komunitas juga memiliki kemampuan untuk itu," kata Christian Supriyadinata Ketua Yayasan Gaya Dewata, Senin 14 Februari 2011.

Kegiatan yang dilakukan sejak pukul 09.00 hingga 12.00 Wita itu cukup mendapat respons positif dari warga. Terbukti, puluhan orang dengan senang hati datang dan mencoba merasakan hasil tangan-tangan kreatif para gay dan waria itu.

"Harapan kami, dengan kita bisa menerima perbedaan, itu sudah bahagia sekali. Karena pada dasarnya kita di dunia tidak berharap lahir sebagai waria ataupun gay," ungkapnya.

Menurut Christian, kegiatan seperti ini salah satunya ingin mengubah pandangan masyarakat tentang kehidupan waria dan gay yang diidentikan dengan pesta pora dan glamour. Namun juga ingin menunjukan bahwa kaum ini memiliki potensi.

Seperti Angger, salah satu warga Denpasar yang secara kebetulan melintas di kawasan Museum Bali Puputan Badung. Menurutnya tidak ada salahnya untuk berpartisipasi merayakan valentine bersama komunitas ini.

"Tadi waktu lewat ditawari, ya pas kebetulan rambut saya udah panjang, kenapa tidak untuk mencoba dan bergabung bersama mereka," kata Angger salah satu pelanggan.

Selain untuk merayakan Valentine Day, komunitas ini juga merayakan hari terbentuknya Yayasan Gaya Dewata ke 19 tahun. Yayasan ini dibentuk sebagai tempat berbagi dan memberi dukungan dalam program penanggulangan IMS, HIV dan AIDS. Di Bali sendiri, Yayasan Gaya Dewata mencatat ada sekitar 900 orang waria dan 25 ribu orang gay. (sj)

Laporan : Peni Widarti | Bali

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV
Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024