Bikin Macet, Durasi Lampu Merah DKI Diubah

Lampu lalu lintas di jalan Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadie

VIVAnews - Polda Metro Jaya meminta Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta untuk mengevaluasi penyesuaian durasi waktu lampu lalulintas yang dinilai sudah tidak sesuai dengan jumlah kepadatan kendaraan. Keadaan ini memicu antrean kendaraan yang mengular sampai ratusan meter.

"Kami sudah mendata lampu lalulintas yang dinilai sudah tidak sesuai lagi durasi waktunya. Bahkan menjadi biang kemacetan di beberapa titik persimpangan," ujar Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Kanton Pinem, Rabu 19 Januari 2011.

Berdasarkan data yang dimiliki Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya, lampu pengatur jalan yang durasinya perlu dievaluasi, ada di Kelapa Gading, Jakarta Utara, di pertigaan Kwitang ke arah Senen, Jakarta Pusat, di perempatan Beos, Jakarta Barat, di perempatan Matraman dan pertigaan Jalan Tambak arah Matraman, Jakarta Timur.

Selain itu ada di kawasan Kebon Jeruk arah Jalan Panjang, Jakarta Barat, Jalan Ciledug Raya setalah pasar Cipulir, Jakarta Selatan, dan pertigaan Jalan Penjernihan, Bendungan Hilir (Benhil) arah Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

Bukan hanya di persimpangan, namun hal yang sama juga terjadi di beberapa bunderan. Salah satunya, Bunderan Senayan, Jakarta Pusat.

Menanggapi hal ini, Kepala Dishub DKI Jakarta, Udar Pristono mengakui, banyak lampu lalulintas yang sudah tidak sesuai dengan jumlah kepadatan kendaraan.

Mengingat terus bertambahnya jumlah kendaraan di ibu kota yang mencapai 4.598.303 unit kendaraan roda dua dan 2.430.362 unit roda empat.

"Saat ini kami tengah melakukan pengecekan terhadap 400 lampu lalulintas di 250 persimpangan yang ada," ujarnya.

Nantinya, akan dilakukan program ulang durasi lampu lalulintas yang dinilai tidak lagi sesuai. Karena kondisi kemacetan sangat sulit diprediksi, sehingga perlu dilakukan program ulang durasi lampu pengatur jalan.

Dishub DKI Jakarta juga meminta kepada pengendara yang mengetahui lampu lalulintas yang sudah tidak layak lagi diminta untuk melapor ke petugas dengan menghubungi nomor telepon (021) – 3844022 untuk aduan lampu lalulintas. (adi)

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024