Monorel Bandara Hasilkan Rp114 M Setahun

Kereta monorel
Sumber :
  • www.fratkin.com

VIVAnews - Pemerintah Kota Tangsel akan mengeruk penghasilan hingga Rp144 miliar setiap tahun dari pengoperasian monorel jalur Serpong-Bandara Soekarno-Hatta.

Pembangunan monorel yang merupakan bagian dari rencana Tata Ruang Wilayah Propinsi Banten, akan dikebut pengerjaannya dan akan selesai selama tiga tahun.

Kepala Dinas Perhubungan dan Informasi Porvinsi Banten, Muhammad Husni Hasan memperkirakan, keuntungan dari pembangunan monorel akan masuk sebagai sumber pendapatan daerah.

Besarnya keuntungan berasal dari biaya perjalanan yang dibayarkan penumpang monorel. Monorel diprediksi dapat mengangkut penumpang hingga 38 juta penumpang per tahun.

Dengan prediksi pendapatan seperti ini, Husni menuturkan kajian mengenai pra rancangan monorel akan segera dimatangkan pada awal tahun 2011 mendatang dengan melibatkan dua pemerintahan Kota (Tangerang dan Tangerang Selatan) yang dilintasi monorel. Husni optimis pembangunan Monorel dapat terlaksana.

Dalam dokumen pra rencana pembangunan monorel, ada enam alasan Pemprov Banten memilih moda transportasi monorel untuk mengurai kemacetan. Pertama, pembebasan lahan tidak memerlukan biaya besar karena infrastruktur berada di atas jalan raya, lebar jalan Serpong Raya cukup lebar mencapai 30 meter.

Selain itu, dapat melibatkan pihak pengembang perumahan, pengelola pusat perbelanjaan dan apartemen, jarak tempuh sekitar 28 kilometer hanya membutuhkan waktu singkat 20 menit. Serta dapat dioperasikan oleh Pemprov Banten untuk meningkatkan pendapatan asli daerah.

Mengenai sumber dana untuk pembangunan monorel Serpong-Bandara, Husni mengungkapkan hal itu masih dalam pembahasan. Namun, Husni memperkirakan untuk sumber dana pembangunan monorel, pihaknya tidak akan bergantung pada satu sumber saja melainkan akan bekerjasama dengan pihak lain.  

Pembangunan monorel ini ditunjukan untuk mengurai kemacetan yang terjadi di Tangerang Selatan. Sedikitnya terdapat 17 titik kemacetan yang salah satunya terdapat di sepanjang jalan Serpong Raya yang disebabkan peningkatan volume kendaraan yang sangat tinggi serta perkembangan pusat kegiatan dan perbelanjaan yang sangat cepat di wilayah ini.

Jalur monorel akan membentang dari Serpong hingga Bandara Soekarno Hatta, sepanjang 26 kilometer dengan 14 stasiun (titik perhentian) untuk mengangkut penumpang. (adi)

Jokowi Bertemu Tim Cook Hari Ini, Menperin: Ada Kebijakan yang Kita Keluarkan untuk Apple
Chicco Jerikho

Chicco Jerikho Didiagnosis Sepsis Hingga Dirawat di HCU dan Pakai Alat Pacu Jantung

Pihak dokter memindahkan Chicco Jerikho ke ruang perawatan High Care Unit (HCU) karena kondisi kesehatannya yang menurun.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024