Tangsel Bangun Monorel Serpong - Bandara

Kereta monorel
Sumber :
  • www.fratkin.com

VIVAnews - Pemerintah Kota Tangerang Selatan sedang mengkaji rencana pembangunan monorel jalur Serpong - Bandara Soekarno Hatta, sebagai program peningkatan sarana perhubungan kota.

"Kami sedang bersiap melaksanakan proyek yang menyambung hingga wilayah DKI Jakarta," ujar Pjs Walikota Tangerang Selatan, Eutik Suarta, Rabu 15 Desember 2010.

Pembangunan jalur monorel ini menurut Eutik, bagian dari rencana pembangunan transportasi makro di bawah pemerintah pusat dengan dibentuknya tim pembangunan jalur transportasi Tangerang, Depok, dan DKI Jakarta di bawah koordinasi Kementerian Perhubungan.

"Jalur monorel ini lintas kota-kabupaten dan lintas provinsi, Banten-DKI. Maka kewenangannya ditarik ke tingkat nasional," ujar Eutis.

Saat ini rencana pembangunan jalur monorel Serpong - Bandara Soekarno Hatta sudah masuk dalam tahap pengkajian dan studi kelayakan.
"Jadi konsepnya sudah ada, tinggal menentukan anggaran dan keperluan lainnya," ujar Eutik.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan, Agus Mulyadi, nantinya monorel Serpong - Bandara Soekarno Hatta akan dibangun sepanjang 28 kilometer dengan 14 shelter yang disiapkan.

"Monorel ini dimulai dari Stasiun Rawa Buntu Serpong hingga mencapai Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta" ujar Agus.

Diharapkan dengan peningkatan jalur transportasi ini mampu mengantisipasi permasalahan jalur transportasi masyarakat Tangerang Selatan yang disebabkan melonjaknya pertumbuhan penduduk.

Selain masalah transportasi, pada tahun 2011, Pemerintah Kota Tangerang Selatan juga memprioritaskan pada penuntasan masalah sampah, pendidikan serta pengangguran. (adi)

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia
Tangkapan layar anggota KPU RI Idham Holik saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2024.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

KPU mengeklaim bahwa lembaganya sudah menjalin komunikasi secara pribadi kepada liaison officer atau naradamping pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024