DKI: Jalan Petojo Ambles Karena Alam

Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara, amblas
Sumber :
  • ANTARA/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membantah tudingan tidak melakukan sosialisasi dalam pelaksanaan proyek penanggulangan banjir di Kali Siantar, Cideng, Jakarta Pusat, yang ambrol dan mengancam rumah warga.

Dalam pernyataan resmi yang disampaikan di hadapan warga, Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta menegaskan, peristiwa itu akibat faktor alam karena diskontinuitas atau ketidakseragaman kondisi tanah.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Ery Basworo, penyebab pasti dari ambrolnya jalan sepanjang 15 meter dengan lebar empat meter itu masih diteliti. Solusi sementara yakni mengembalikan urukan tanah.

"Tanah kerukan dikembalikan lagi untuk menahan yang retak. Setelah itu, diganti. Bisa sheet pile atau ground angker, baru dikeruk lagi," ujar Ery di kantor Dinas PU DKI, Selasa 14 Desember 2010.

Ditambahkan Ery, proyek penanggulangan banjir ini memang memerlukan kerelaan dari warga dalam hal perizinan untuk pengerjaan. Peristiwa ambrolnya jalan ini, lanjut dia bukan karena kesalahan pekerjaan, namun lebih kepada faktor alam.

Dinas Pekerjaan Umum DKI, menyanggupi untuk memperbaiki jalan yang ambrol di Jalan Petojo VIJ, RT 002 RW 006. Namun, perbaikan akan dilakukan secara bertahap.

Demi menanggulangi banjir, Pemerintah DKI Jakarta melakukan pembuatan saluran air di Thamrin sepanjang 350 meter. Saluran ini merupakan sodetan aliran air melalui Kali Cideng bagian Selatan dan Utara, RS Tarakan hingga perumahan di Cideng. Dana untuk perbaikan itu mencapai Rp24 miliar, termasuk turapnya.

Sementara itu, dalam pertemuan ini, Kepala Bidang Pemeliharaan Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Fakhrurazi, hadir mewakili Kepala Dinas PU DKI Ery Basworo. Dia mengatakan Dinas PU akan segera memperbaiki jalan yang ambrol, dan perbaikan itu yang akan dimulai malam ini.

"Mengatasi genangan air di Thamrin merupakan program prioritas Pemprov DKI di 2010. Pelaksanaannya memang demikian, Kali Siantar, Cideng, harus dipasang tiang pancang dan digali," terangnya.

Fakhrurazi pun menjamin pergantian kerugian akan ditepati sesuai kesepakatan yang tercantum dalam kontrak kerja. (adi)

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini
Kegiatan kelompok usaha PT Bumi Resources Tbk.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mencatatkan pendapatan secara konsolidasian mencapai US$6,57 miliar di sepanjang tahun 2023. Tercatat, bahwa pendapatan BUMI berdasarkan PSAK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024