METRO

Tol Lingkar Luar Bogor Tahap 2 Dibangun 2011

Tol ini memiliki panjang 4 kilometer dan menghubungkan Kedunghalang hingga ke Yasmin.
Rabu, 24 November 2010
Oleh : Maryadie
Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) di Kedunghalang, Bogor

VIVAnews - PT Marga Sarana Jabar (MSJ) menyatakan, pembangunan jalan
Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) sesi kedua sepanjang 4 kilometer dibangun pertengahan tahun 2011. Tol ini menghubungkan dari Kedunghalang hingga ke Yasmin.

Ahmad Tito Karim, direktur utama PT MSJ mengatakan, rencananya jalan tol bisa digunakan masyarakat pada akhir 2011. "Pada awal 2011, kami bebaskan lahan 4 kilometer untuk pembangunan Tol BORR tahap kedua," katanya.

Dia mengatakan, dana yang dibutuhkan untuk pembebasan lahan sepanjang 4
kilometer dari Kedunghalang sampai Yasmin sebesar 120 miliar.

Sedangkan, yang dibutuhkan untuk pembangunan Tol BORR sesi kedua itu sebesar Rp 600 miliar. Pembangunan Tol BORR tahap kedua memakan biaya lebih besar dibandingkan pembangunan Tol BORR tahap pertama.

Sebab pembangunan tol tahap kedua ini bentuknya jalan layang. Untuk merealisasikan  pembangunan tahap kedua diharapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor membantu pembebasan lahan.

Tol BORR sesi satu dan kedua bertujuan untuk mengurai kemacetan di Jalan Raya Kota Bogor. Sejak dioperasikan Tol BORR tahap pertama, lalulintas mobil mencapai 22 ribu kendaraan setiap harinya.

Dia yakin Tol BORR tahap 2 terealisasi, maka dipastikan volume kendaraan yang melintas akan mengalami kenaikan hingga 22 persen.

Laporan: Ayatullah Humaeni | Bogor


TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found