METRO

Bagikan Daging Kurban, Istiqlal Tiru Pemilu

Ada 72 ekor sapi dan 318 ekor kambing, yang akan disembelih.

ddd
Rabu, 17 November 2010, 18:25
Antre daging kurban di Masjid Istiqlal
Antre daging kurban di Masjid Istiqlal (Antara/Yudhi Mahatma)

VIVAnews - Panitian pemotongan hewan kurban Masjid Istiqlal, Jakarta, telah mengantisipasi dan yakin pembagian daging kepada masyarakat tidak mampu yang ada di Jakarta akan berjalan dengan lancar.

Caranya, membuat mekanisme pembagian daging kurban seperti pemilu. Nantinya setiap orang yang telah mengambil jatah daging, harus mencelupkan jari mereka pada tinta.

Selain akan memberlakukan sistem yang ketat dan pembagian antrean bagi lelaki dan wanita, ada tiga pos yang harus dilalui untuk memperoleh daging kurban.

Setiap orang harus mengantre masuk untuk mendapatkan kupon pengambilan daging dari sisi barat atau pintu Al Fatah dan keluar pada sisi selatan.

Kemudian berjalan menuju areal yang terbagi menjadi lima loket untuk mengambil jatah daging kurban. Setelah daging sudah diterima, jari tangan mereka akan dicelupkan tinta sebagai penanda, dan keluar areal masjid.

Menurut Sekretaris Masjid Istiqlal, Subandi, pemotongan hewan akan dilakukan pada malam hari. Butuh waktu delapan jam untuk proses potong dan packing. Baru pada siang hari daging dibagikan kepada masyarakat.

"Abis salat Isya mulai disembelih, kemudian siang hari bagi dibagikan," ujar Subandi, Rabu 17 November 2010.

Ada 72 ekor sapi dan 318 ekor kambing, yang akan disembelih pada Idul Adha kali ini. Hewan tersebut antara lain dari Presiden Susilo Bambang Yudhono, Wapres Boediono, Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, Wagub Prijanto.

Menurut perhitungan, dari jumlah hewan yang dipotong hari ini, ada sekitar 5.000 kantong plastik daging kurban yang beratnya 1 kg per kantong.(umi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
kompormleduk
19/11/2010
lebih baik sudah berbuat seperti ulama lakukan di istiqlal dari pada cuma repot ngasih saran ama unek2
Balas   • Laporkan
isfahani
18/11/2010
lebih bagus lagi Dewan Istiqlal bisa memadukan ketiga metode tersebut dan dijadikan Patokan standar nasional dalam penyelenggaraan Ibadah Qurban di Indonesia.
Balas   • Laporkan
bukan ulama
18/11/2010
semestinya para ulama di masjid istiqlal mempelopori penyelenggaraan kurban yang lebih profesional seperti "tebar hewan kurban" dari dompet dhuafa atau "kornet kurban" dari rumah zakar umul kuro - lebih tepat sasaran dan dapat meningkatkan ekonomi rakyat
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id