METRO

Bahaya, Daging Kurban Dalam Tas Kresek Hitam

Kantung kresek hitam mengandung zat berbahaya yang bisa menyebabkan kanker.

ddd
Selasa, 16 November 2010, 14:57
Sidak hewan kurban
Sidak hewan kurban (VIVAnews/Tri Saputro)

VIVAnews - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor bersama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) mengimbau agar daging kurban tidak dimasukkan dalam kantung kresek berwarna hitam.

Dosen Fakultas Kedokteran Hewan IPB, Yusuf Ridwan, menyatakan tas kresek berwarna hitam mengandung zat pewarna yang bisa tercampur dengan daging dan disinyalir mengandung zat karsinogen yang bisa menyebabkan kanker.

"Kami imbau masyarakat menggunakan kantung putih atau transparan," ungkapnya kepada VIVAnews.com, Selasa, 16 November 2010.

Sebelumnya, Pusat Data dan Informasi Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSSI) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga pernah mengimbau agar masyarakat tidak menggunakan tas kresek hitam untuk membungkus makanan siap santap.

BPOM menjelaskan tas plastik jenis ini kebanyakan merupakan produk daur ulang. Sementara itu, penggunaan sebelumnya tidak diketahui, apakah bekas wadah pestisida, limbah rumah sakit, kotoran hewan dan manusia, atau limbah logam berat. Proses daur ulang itu juga diketahui menggunakan berbagai bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. (Laporan: Ayatullah Humaeni, Bogor | adi)

Baca juga:

Pengakuan Perempuan Korban Pelecehan Seks Paskibraka

Modus Baru, Kejahatan Uang Palsu di ATM



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id