Mengolah Daging Kambing Tanpa Bau Prengus

Kebab Kambing Saus Lemon
Sumber :
  • http://1.bp.blogspot.com

VIVAnews - Kiriman daging kambing yang melimpah saat Hari Raya Idul Adha tak jarang membuat bingung. Sebab, mengolah daging ini tak bisa sembarangan. Perlu trik agar sajian tak menimbulkan bau prengus. 

Bau prengus bisa merusak citarasa sajian. Bau tajam yang bisa menghilangkan nafsu makan ini berasal dari feromon yang dihasilkan tubuh kambing, terutama jantan.

Seperti dikutip dari laman Natural Cooking Club, ada cara mudah mengolah daging kambing agar menjadi santapan lezat bagi keluarga. Tentunya, tanpa bau prengus.

Rahasia utama adalah, rebus daging kambing dalam air mendidih yang dicampur dengan kunyit dan jahe. Selain efektif membunuh bau prengus, teknik merebus ini juga bermanfaat membuat sajian daging kambing lebih empuk.

Usahakan jangan langsung mengolah kambing segera setelah disembelih. Sebab daging cenderung lebih liat jika langsung dimasak.

Ada teknik khusus untuk melunakkan daging kambing. Bungkus dengan daun pepaya, bisa juga membalurnya dengan parutan atau juice nanas. Jika tidak mau repot, gunakan food tenderizer yang biasa dijual di supermarket.

Selanjutnya, potong daging dalam ukuran tidak terlalu besar dan melawan serat, sebelum diolah. Perhatikan pula teknik memasak, yaitu menggunakan api sedang agar olahan daging kambing empuk dan bumbu meresap.

Jika daging kambing ingin diolah sebagai masakan berkuah, sebaiknya masukkan daging setelah bumbu ditumis. Lalu olah sampai matang hingga bumbu meresap dan daging empuk. Jika dibuat sate lumuri dengan bumbu halus, diamkan beberapa saat.

Tantrum Anak Bukan Hal Seram! Ini Rahasia Mengatasinya dengan Bijak

Tak hanya dagingnya empuk dan citarasa jadi mantab, si prengus pun dijamin hilang. (umi)

The All-New Citroen C3 Aircross

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Citroen secara resmi meluncurkan mobil SUV terbaru, The All New C3 Aircross pada hari ini untuk pasar Indonesia. Mobil ini hadir dengan berbagai fitur modern yang nyaman.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024