DKI Gagal Bangun 15 Koridor Busway

Tiga pekerja memperbaiki jalur Transjakarta
Sumber :
  • Antara/Rosa Panggabean

VIVAnews - Pembangunan jalur bus Transjakarta atau busway hingga 15 koridor yang ditargetkan selesai 2012 tampaknya tidak akan terealisasi. Hal ini menyusul berubahnya kebijakan Pemerintah Provinsi DKI yang sebelumnya mengarah pada pembangunan, kini menjadi penataan.

"Pemprov DKI hanya akan merealisasikan busway hingga koridor XII," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI, Sarwo Handayani.

Menurut Sarwo, untuk tahun 2011, Pemerintah Provinsi hanya akan membangunan koridor XI jurusan Kampung Melayu-Pulogebang. Menurutnya, rencana penyelesaian 15 koridor hingga 2012 diurungkan. Alasannya, Pemprov DKI tidak ingin mengulang kesalahan seperti pada koridor VIII Lebak Bulus-Harmoni.

"Dioperasikan namun tidak ada armadanya. Sehingga, dua tahun sisa waktu menyelesaikan target RPJMD (rencana pembangunan jangka menengah daerah) hanya akan difokuskan pada pembangunan dua koridor," ungkap dia.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo sendiri menyatakan, tidak diselesaikannya pembangunan busway 15 koridor hingga 2012 lantaran pada tiga koridor terakhir memiliki ruas jalan yang sempit. Sehingga situasinya tidak memungkinkan.

Tiga koridor terakhir itu masing-masing koridor XIII Ciledug-Blok M, koridor XIV Kalimalang-Blok M dan koridor XV Depok-Manggarai.
"Jadi harus memakai jalan layang untuk busway. Namun dari kemampuan anggaran 2011, dananya tidak mencukupi,” ujarnya.

Waketum Nasdem Ahmad Ali Datang ke Rumah Prabowo, Surya Paloh Sebut Ada Urusan Pilkada
Evakuasi penemuan mayat. (Foto ilustrasi).

Izin Menginap di Kantor Polisi, Pria Tuban Ini Ternyata Baru Membunuh Istrinya

Warga Desa Pakis, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, digegerkan oleh aksi dugaan pembunuhan yang dilakukan oleh MO (64 tahun) terhadap istrinya sendiri, TA.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024