Flyover Kemayoran Renggang Dipicu Gempa?

Proyek jalan tol Becakayu
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Kantor Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana (SKP BSB) segera membentuk tim untuk menyelidiki kerusakan flyover di Jalan Bagindo Rajo Moetik, Kemayoran, Jakarta Pusat. Penyelidikan fokus meneliti kemungkinan pengaruh gempa bumi di Jakarta.

Bekerja sama dengan Kementrian Pekerjaan Umum, tim akan melibatkan sejumlah pakar untuk meninjau dan melihat desain flyover tersebut. "Untuk memastikan apakah kerusakan terkait persoalan teknis atau imbas kondisi kegempaan Jakarta," kata SKP BSB, Andi Arief, Selasa, 19 Oktober 2010.

Andi Arief mengatakan, getaran gempa bumi yang berepisentrum di Selat Sunda, Sukabumi, dan Tasikmalaya dalam beberapa tahun terakhir mampu menggoyang tanah di Jakarta.

Selain itu, penurunan tanah di kawasan utara Jakarta yang mencapai 18-26 cm juga menambah potensi kerawanan konstruksi bangunan di atasnya.

Menurut pantauan Kantor SKP BSB, ada tiga sambungan merenggang di flyover sepanjang 300 meter itu sehingga membentuk semacam cekungan. Tiga sambungan tersebut masing-masing merenggang selebar 10 cm, 15 cm, dan 7,5 cm.

“Kami juga meminta semua pihak yang berkompeten untuk terus mengevaluasi kelayakan jembatan layang yang ada di ibukota, agar potensi kerawanan yang sama dapat diantisipasi secara lebih baik,” ujarnya.

Andi Arief menambahkan, peristiwa ini harus menjadi peringatan bagi jajaran Kementerian Pekerjaan Umum, Pemerintah Daerah, dan kalangan pengusaha konstruksi, agar tak mengabaikan faktor kegempaan di Jakarta.

3 Fakta Menarik Serial The Perfect Strangers, Maxime Bouttier dan Beby Tsabina Gemas Banget!
TImnas Indonesia U-23

Pemain Korea Selatan Puji Timnas Indonesia U-23

Timnas Indonesia U-23 dan Korea Selatan akan berhadapan di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Jelang laga itu, pemain Korea Selatan memberikan pujian.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024