Atasi Banjir, 6 Waduk Baru Dibangun di Halim

Anak-anak bermain di bendungan Waduk Pluit
Sumber :
  • Antara/ Puspa Perwitasari

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Pekerjaan Umum dalam waktu dekat akan membangun enam waduk di wilayah Halim Perdanakusuma Jakarta.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Pembangunan waduk diharapkan bisa menanggulangi genangan air dan luapan dari Kali Cipinang dan Sunter yang melintas di kawasan itu.

Pembangunan waduk tidak semata-mata difungsikan untuk tempat parkir air, tapi sebagai tempat penampungan air yang jumlahnya cukup besar. Gubernur Fauzi Bowo akan bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Udara guna mempercepat pembangunan waduk itu.

"Saya juga akan bicara kepada Kepala Staf Angkatan Udara agar mempercepat pembangunan waduk di Halim," ujar Fauzi Bowo di Balaikota, Jakarta, Jumat 15 Oktober 2010.

Menurut Fauzi, pengamanan hulu sistem kali Sunter baru sedikit yang terbangun. Menurut dia, setiap sungai punya sistem aliran sendiri-sendiri, seperti kali Cipinang, Sunter, dan Cakung.

"Belum semuanya sistem pengendali mikro berjalan seperti yang diinginkan," ujarnya.

Ditambahkan Fauzi, banyak hambatan untuk mengalirkan air ke Kanal Banjir Timur, selain saluran penghubung yang belum 100 persen selesai. Jalur sungai yang berkelok-kelok, sangat mempengaruhi kecepatan air.

"Tapi pihak Halim menginginkan mulai ditempat lain dulu. Kami ingin mengatakan urgensinya sekarang itu tinggi untuk mulai mengurangi tekanan kali Sunter untuk masyarakat. Waduk itu nantinya akan ada yang di pinggir tol Cawang-Bekasi agar bisa disetujui TNI AL dan membantu pemukiman yang memang letaknya di bawah," tuturnya.

Sementara itu, akibat luapan kali Sunter, lima kemacetan di Kampung Makasar, Jakarta Timur, terendam air. Lima kelurahan itu adalah, Makasar, Pinang Ranti, Halim, Cipinanang Melayu, dan Kebon Pala. (umi)

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024