Fungsi Sungai Jakarta Harus Dikembalikan

Sungai Ciliwung di Matraman Dalam alami penyempitan akibat pendangkalan
Sumber :
  • Antara/ Fanny Octavianus

VIVAnews - Pencemaran yang terjadi pada sungai di Jakarta sudah terlalu buruk. Akibatnya, sungai kehilangan fungsinya sebagai tempat budaya, sosialisasi, dan juga jalur transportasi.

Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI), bersama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Jakarta (LPMJ), Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), dan Pemerhati Peduli Lingkungan Hidup (Pepulih) menggelar lokakarya untuk mencari solusi mengembalikan sungai dari fungsinya.

Mereka berharap akan ada solusi tepat untuk mengembalikan kondisi sungai yang ada di Jakarta seperti sedia kala. Fokus utama mereka adalah Sungai Ciliwung.

"Fokus Sungai Ciliwung, mulai dari Pasar Baru hingga Ancol," ujar Direktur LPMJ, Paulus Wirutomo, Sabtu 9 Oktober 2010.

Kegiatan ini juga untuk menggugah masyarakat Jakarta untuk memperbaiki fungsi sungai. Diharapkan, tidak hanya pemerintah daerah yang berperan aktif, tetapi juga masyarakat.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengatakan,ini dapat pemberdayaan masyarakat pada lingkungan dan bersinergi dengan kegiatan yang telah dilaksanakan Pemerintah DKI Jakarta.

"Mengajak pemerintah dan masyarakat menanggulangi masalah dampak lingkungan," ujar Fauzi Bowo.

Kegiatan ini menurut Fauzi Bowo, diharapkan dapat menggugah perilaku masyarakat, dan menggugah mereka kembali peduli menjaga kebersihan sungai. Selanjutnya yang dilakukan adalah berkomitmen melakukan gerakan secara positif dan aktif untuk merealisasikan perubahan itu. (pet)

Kolaborasi Prabowo dan Raja Yordania, TNI Berhasil Kirim Bantuan RI ke Gaza via Udara
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum, PT PLN

39 Unit SPKLU PLN di Sepanjang Tol Trans Sumatra Siaga Layani Pemudik, Ini Titik Lokasinya

PT PLN (Persero) menyiagakan 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di seluruh tanah air untuk periode mudik lebaran tahun 2024

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024