TUTUP
TUTUP
METRO

Subway MRT Jakarta Dibangun Pakai Alat Ini

Teknologi ini sudah diterapkan di berbagai negara seperti Singapura, Eropa dan Jepang.
Subway MRT Jakarta Dibangun Pakai Alat Ini
Tunnel Boring Machine untuk membuat subway (www.transit.govt.nz)

VIVAnews - Pembangunan proyek Mass Rapid Transit (MRT) akan menggunakan teknologi canggih. Ini alat khusus untuk pembangunan di bawah tanah (subway) bernama Tunnel Boring Machine (TBM). Mesin ini semacam robot yang akan melakukan pengeboran sekaligus menyemen dan membeton.

"Teknologi ini sudah diterapkan di berbagai negara seperti Singapura, Taiwan, Jepang dan Eropa," kata Direktur Fungsi Korporasi PT MRT Jakarta Eddi Santosa kepada VIVAnews.com.

Nantinya untuk membuat terowongan akan dibuka atau digali satu jalan. Kemudian, TBM dimasukkan ke dalamnya. "Tentunya ini akan lebih efisien," tukasnya.

Kecepatan TBM untuk pengeboran di tanah aluvial seperti Jakarta bisa mencapai 12 hingga 15 meter per hari. Alat ini didatangkan dari Jepang.

Rencana pembangunan MRT akan dimulai dari koridor satu. Tahap pertama akan dibangun dari Lebak Bulus ke Bundaran HI yang panjangnya mencapai 15,5 kilometer. Di sepanjang lintasan itu akan dibangun 13 stasiun perhentian. Tujuh stasiun antara Lebak Bulus dan Blok M berada di permukaan tanah. Enam sisanya, dari Al Azhar hingga Bundaran Hotel Indonesia, berada di bawah tanah.

Kalau sudah jadi, lintasan itu dapat ditempuh hanya dalam waktu 30 menit.

Untuk koridor kedua akan dibangun dari dari Balaraja hingga Cikarang.

Modanya menggunakan kereta, laiknya kereta api listrik, dengan enam gerbong yang mampu membawa 1.200 penumpang sekaligus. (kd)

Baca juga:

6 Stasiun Bawah Tanah dari Al-Azhar Menuju HI

Akses Mal Ambasador Juga Akan Ditutup

Pelecehan Seks Paskibraka Sejak Tahun 1991

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP