Setengah Aliran Air Jakarta Tertutup Sampah

Perbaikan Saluran Air
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Hampir seluruh saluran air di Jakarta mengalami hambatan akibat tumpukan sampah. Akibatnya saat hujan turun, terjadi genangan air yang menimbulkan kemacetan panjang.

Menurut  Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Ery Baskoro, setengah dari aliran air di DKI Jakarta tidak berfungsi secara maksimal selama musim hujan.

Gorong-gorong air yang panjangnya mencapai 150 meter tersebut tidak berfungsi akibat penumpukan sampah. Tanah yang sudah tidak terjal membuat kemiringan tanah berkurang.

"Disebabkan banyak sampah di saluran. Selain itu tanahnya juga sudah tidak terjal lagi. Kemiringan tanah yang kurang itu menyebabkan genangan air di jalan," ujarnya, Selasa 22 September 2010.

Guna mengatasi hal itu menurut Ery, Dinas PU DKI sedang menerapkan sistem folder, atau suatu subsistem pengelolaan tata air yang dikembangkan dan dioperasikan masyarakat untuk mengendalikan banjir.

Selain itu, beberapa proyek normalisasi air juga sedang dilakukan. "Sistem folder sedang dijalankan. Kali di Jakarta akan dibuatkan pompa. Air akan dialirkan ke sungai yang tinggi lalu ke laut," ujarnya.

Pelaksanaan sistem ini sudah berjalan dibeberapa tempat dan masih terus dibuat di daerah lain. Baru sekitar 20 persen proyek sistem folder terlaksana.

Penanganan masalah banjir di Ibukota Jakarta saat ini masih terkendala dengan masalah penegakan aturan, pengawasan dan sanksi seperti yang tertuang dalam UU Penataan Ruang.

Kemnaker Mendukung Penataan NLE dengan Diimbangi Peningkatan Pelindungan Kerja TKBM di Pelabuhan

Kenyataan dilapangan menunjukkan upaya yang dijalankan pemerintah sering terganjal akibat kurangnya penegakan sanksi ketika aturan tata ruang disalahi.(ywn)

Laporan: Dwifantya Aquina

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen
Vespa World Days 2024 di Pontedera, Italia

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

Vespa World Days 2024 telah sukses besar di Pontedera, Italia, menandai 140 tahun Piaggio Group dan 78 tahun Vespa diproduksi di kota tersebut.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024