TUTUP
TUTUP
METRO

Setengah Aliran Air Jakarta Tertutup Sampah

Banyak gorong-gorong air yang tidak berfungsi akibat penumpukan sampah.
Setengah Aliran Air Jakarta Tertutup Sampah
Perbaikan Saluran Air (VIVAnews/Tri Saputro)

VIVAnews - Hampir seluruh saluran air di Jakarta mengalami hambatan akibat tumpukan sampah. Akibatnya saat hujan turun, terjadi genangan air yang menimbulkan kemacetan panjang.

Menurut  Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Ery Baskoro, setengah dari aliran air di DKI Jakarta tidak berfungsi secara maksimal selama musim hujan.

Gorong-gorong air yang panjangnya mencapai 150 meter tersebut tidak berfungsi akibat penumpukan sampah. Tanah yang sudah tidak terjal membuat kemiringan tanah berkurang.

"Disebabkan banyak sampah di saluran. Selain itu tanahnya juga sudah tidak terjal lagi. Kemiringan tanah yang kurang itu menyebabkan genangan air di jalan," ujarnya, Selasa 22 September 2010.

Guna mengatasi hal itu menurut Ery, Dinas PU DKI sedang menerapkan sistem folder, atau suatu subsistem pengelolaan tata air yang dikembangkan dan dioperasikan masyarakat untuk mengendalikan banjir.

Selain itu, beberapa proyek normalisasi air juga sedang dilakukan. "Sistem folder sedang dijalankan. Kali di Jakarta akan dibuatkan pompa. Air akan dialirkan ke sungai yang tinggi lalu ke laut," ujarnya.

Pelaksanaan sistem ini sudah berjalan dibeberapa tempat dan masih terus dibuat di daerah lain. Baru sekitar 20 persen proyek sistem folder terlaksana.

Penanganan masalah banjir di Ibukota Jakarta saat ini masih terkendala dengan masalah penegakan aturan, pengawasan dan sanksi seperti yang tertuang dalam UU Penataan Ruang.

Kenyataan dilapangan menunjukkan upaya yang dijalankan pemerintah sering terganjal akibat kurangnya penegakan sanksi ketika aturan tata ruang disalahi.(ywn)

Laporan: Dwifantya Aquina

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP