Lahan Ambles

Perbaikan Turap Kanal Barat Tuntas Pekan Ini

Pekerja menyelesaikan pembuatan turap untuk tanggul kali Cipinang Jakarta
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Pemasangan tiang pancang untuk perbaikan turap Banjir Kanal Barat (KBB) di Jalan Sultan Agung, Setiabudi, Jakarta Selatan, terus dilakukan. Sebanyak 140 tiang pancang disiapka memperbaiki turap yang jebol sepanjang 70 meter di kawasan tersebut.

Menurut petugas Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC), Bastari mengatakan, saat ini sudah 52 tiang pancang yang dipasang untuk menahan jalan di sekitar turap agar tidak amblas lagi.

"Dalam satu hari ada 20 batang tiang yang dapat dipasang," jelas Bastari, Rabu 22 September 2010.

Pemasangan tiang pancang tersebut, dijadwalkan rampung pada pekan ini. Namun, pelaksanaannya baru tahap pengamanan jalan. Selain itu, juga akan dilakukan perbaikan tebing di sekitar Kanal Banjir Barat (KBB) tersebut.

Sejumlah alat berat seperti crane pancang, crane service, hammer, eskavator, trailer, dan alat bor. Banyaknya alat berat yang berada di lokasi, membuat dua jalur di Jalan Sultan Agung ditutup untuk sementara waktu.

Sehingga hanya tersisa jalur bus Transjakarta saja yang dioperasikan. Penutupan jalur akan dilakukan hingga dua hari ke depan.

Petugas BBWSCC Parno menambahkan, berdasarkan penyelidikan sementara amblasnya turap dikarenakan saluran air di sekitar lokasi tidak berfungsi dengan baik.

Sehingga saat hujan turun air tidak dapat mengalir dengan baik dan membebani konstruksi turap. Tidak berfungsinya saluran air itu menyebabkan struktur tanah di bawah menjadi lemah.

Untuk mengantisipasi meluasnya amblasan turap, pihaknya mengubah saluran air yang ada. Awalnya saluran air dibuat menggunakan pipa, saat ini sistemnya diubah menjadi terbuka. Hal tersebut untuk meminimalisir tersumbatnya saluran air oleh sampah. (umi)

7 Negara Paling Beragam di Asia, Indonesia Nomor Segini
Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Anindya Novyan Bakrie bertemu Sekretaris Jenderal Kadin Internasional (International Chamber of Commerce/ICC) John Denton, di Kantor Pusat ICC, Paris, Prancis.

Anindya Bakrie: Ekonomi RI Kuat Hadapi Krisis Timur Tengah

Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia Anindya Bakrie menegaskan kondisi fundamental perekonomian Indonesia cukup kuat menghadapi ancaman krisis timur tengah.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024