Jalan Martadinata Amblas

Gali Unsur Pidana, Polisi Tunggu Saksi Ahli

Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara, amblas
Sumber :
  • ANTARA/Paramayuda

VIVAnews - Kepolisian masih menunggu keterangan saksi ahli untuk memastikan unsur pidana kelalaian terkait amblasnya Jalan RE Martadinata, Tanjungpriok, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

"Terlalu prematur kalau langsung disimpulkan sekarang dan dikatakan penyebab amblasnya karena faktor alam," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Boy Rafli Amar, Senin 20 September 2010.

Untuk memastikan penyebabnya, kata Boy, pihaknya harus memintai keterangan dari saksi ahli konstruksi bangunan dari akademisi. Salah satunya Teknik Sipil Universitas Indonesia.

Agar dapat diketahui secara pasti kekerasan bangunan jalan maupun pondasi apakah sesuai atau tidak dengan gambar bestek yang diberikan Kementerian PU.

"Penyebab amblasnya jalan sedang diselidiki. Dengan penyesuaian kondisi fisik lapangan dengan gambar yang diberikan akan ketahuan, apakah penyebabnya karena cuaca atau kelalaian kontraktor. Sebab jalan ini baru saja selesai ditinggikan dan dibeton," jelasnya.

Menurutnya, berdasarkan keterangan Direktur Utama PT Kolam Intan Prima, Indra Budianto, proyek itu belum diserahkan ke Kementerian PU, tetapi sudah digunakan. "Kami juga sedang telusuri apakah ada unsur kelalaian dalam pengerjaannya," tegas Boy.

Boy juga menegaskan saat ini pihak juga masih menunggu keterangan dari saksi ahli. "Rencananya 1-2 hari ini kita akan ambil keterangan dari saksi ahli," ungkap perwira menengah itu.

Sampai saat ini, tambah dia, belum ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun pihak kepolisian dan Tim SAR gabungan masih terus melakukan pencarian kemungkinan adanya korban jiwa atau kendaraan yang ikut terpesok saat amblas jalan iktu.

"Kamijuga belum mendapatkan laporan adanya orang hilang dalam peristiwa itu," imbuhnya.

Sebelumnya, polisi telah memeriksa ketujuh orang saksi, yaitu dua tukang ojek, Dede dan Haryo, yang melihat amblasnya jalan itu.
Selain itu empat pejabat Kementerian Pekerjaan Umum yang terdiri dari pejabat pembuat komitmen, Kepala Satuan Kerja, Pelaksana Teknis, dan Pelaksana Lapangan, serta Direktur PT Kolam Intan Prima, Indra Budianto, selaku kontraktor yang mengerjakan peninggian jalan sepanjang 650 meter itu.

Bandara Sam Ratulangi Manado Ditutup Sementara Imbas Erupsi Gunung Ruang

Seperti diketahui, Jalan RE Martadinata, setelah Jembatan Bone, Tanjung Priok, amblas pada Kamis 16 September pukul 03.15 WIB. Jalan yang amblas ini sepanjang 103 meter dengan lebar 10 meter.

Pembangunan jalan itu dilakukan PT Kolam Intan Prima. Nilai kontraknya mencapai Rp11 miliar.

Jalan itu adalah bagian dari proyek peninggian jalan sepanjang 625 meter. Proyek ini berlangsung dari 1 April hingga 27 September 2010.
Sampai saat ini, proyek masih dalam masa pembangunan dan rencananya akan diserahkan ke Kementerian PU pada Minggu 27 September 2010 mendatang. (adi)

Mykhaylo Mudryk

Bom Transfer Arsenal! Arteta Siap Rekrut Bintang Chelsea Idamannya

Arsenal memanfaatkan kesempatan. Mikel Arteta dikabarkan ingin mendatangkan pemain sayap baru di jendela musim panas dan dikenal sebagai pengagum Mykhaylo Mudryk.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024