TUTUP
TUTUP
METRO

Halte Busway Digabungkan dengan MRT

Agar penumpang yang biasa menggunakan jasa bus Transjakarta, nantinya terlayani MRT.
Halte Busway Digabungkan dengan MRT
Subway, salah satu moda angkutan MRT (subway.com)

VIVAnews – Enam halte bus Transjakarta yang nanti bersinggungan dengan layanan Mass Rapid Transit (MRT) tahap I (Lebak Bulus – Bundaran Hotel Indonesia) akan disinergikan.

Demikian dinyatakan asisten Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretaris Daerah Provinsi Jakarta, Muhammad Tauchid, Senin, 30 Agustus 2010.

Keenam halte bus Transjakarta yang bersinggungan dengan MRT, yakni halte Blok M, Masjid Agung, Istora Senayan (Ratu Plaza), Bendungan Hilir, Setiabudi, dan Dukuh Atas.

Dikatakan tujuan sinergi halte, yakni agar penumpang yang biasa menggunakan jasa bus Transjakarta, nantinya terlayani dengan MRT. Selain itu, katanya, untuk memenuhi target penumpang MRT sebesar 200-399 ribu per hari saat dioperasikan, yang rencananya mulai 2015 mendatang.

Ditambahkan, sinergi dan integrasi moda transportasi antara MRT dan busway rencananya tidak hanya dilakukan pada koridor I saja, melainkan dilakukan juga di seluruh koridor bus Transjakarta.

"Halte-halte busway di seluruh koridor yang nantinya bersinggungan dengan jalur MRT akan disinergikan. Yaitu dialihkan ke MRT," kata Tauchid.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Tundjung Inderawan, menyatakan busway yang akan dilayani MRT atau jalur yang bersinggungan dengan MRT akan dihapus. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi perpecahan penumpang dan duplikasi moda transportasi.

Seperti diketahui, MRT Tahap I akan memiliki 13 stasiun pemberhentian yang terdiri enam stasiun bawah tanah dan tujuh stasiun elevated. Enam stasiun bawah tanah terdapat di Masjid Al Azhar, Istora Senayan (Ratu Plaza), Bendungan Hilir, Setiabudi,  Dukuh Atas, dan Bundaran HI. Sedangkan tujuh stasiun elevated yakni, mulai dari Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, H Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP