METRO

Gerbong KRL Perempuan Dipenuhi Laki-laki

Sejatinya, peluncuran gerbong khusus ini untuk mencegah pelecehan seksual.
Senin, 23 Agustus 2010
Oleh : Siswanto
Kereta Khusus Wanita

VIVAnews – Walau gerbong kereta rel listrik (KRL) sudah dipisah berdasarkan jenis kelamin, nyatanya para penumpang laki-laki tetap saja nekad masuk ke gerbong khusus perempuan.

Salah satu pelanggan KRL, Kholidah, menyatakan pemandangan itu terjadi di gerbong yang ia tumpangi, Senin, 23 Agustus 2010, pukul 08.25 WIB. Yakni, KRL Ekpres rute Depok-Tanah Abang nomor 1.

“Pas saya naik dari Stasiun Pondok Cina, ternyata sudah ada penumpang laki-laki di dalam gerbong,” katanya.

Yang membuat Kholidah heran, sejak dari Pondok Cina sampai ia turun di Stasiun Tebet, tidak ada satu pun petugas KRL yang meminta penumpang laki-laki turun dari gerbong perempuan.

“Dan ternyata, di gerbong khusus perempuan nomor 8 kondisinya juga sama, banyak penumpang laki-laki di sana,” kata Kholidah yang setiap hari kerja, pasti memanfaatkan jasa KRL.

Sulistiyowati, pelanggan KRL lainnya, juga heran dengan makin kendurnya pengawasan terhadap pelanggaran penumpang. Padahal, kata dia, Jumat pekan lalu -- ketika baru sehari diresmikan -- penumpang laki-laki diminta turun oleh petugas PT KA.

“Tapi, sekarang ini kok sudah tidak kelihatan ada petugas lagi ya,” katanya.

Seperti diketahui, dua gerbong khusus perempuan -- 1 dan 8 – diresmikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar, di Depok, pada Kamis, 19 Agustus 2010.

Menurut salah satu pejabat PT KA, Mega Rusiandi, peluncuran gerbong khusus ini bertujuan untuk mencegah pelecehan seksual yang terjadi di atas moda transportrasi umum terhadap kaum hawa.

Untuk tahap pertama layanan KRL khusus perempuan baru diberlakukan untuk rute Jakarta-Bogor. Jika kelak jumlah peminatnya bertambah banyak, katanya, PT KA akan menambah layanan lagi.

Lebih lanjut Mega menjelaskan dua gerbong KRL khusus perempuan itu terdiri dari KRL kelas Ekonomi AC dan KRL Ekspres.

Dua rangkaian gerbong KRL khusus tersambung dengan enam gerbong kereta penumpang umum lainnya. Posisi dua gerbong khusus perempuan itu berada di gerbong 1 dan 8. Sedangkan gerbong 2 sampai 7 disediakan untuk penumpang umum. (adi)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found