METRO

Siasati Gangguan Maag Saat Puasa

Hal ini disebabkan kesalahan cara makan dan jenis makanan disantap saat sahur dan berbuka
Jum'at, 6 Agustus 2010
Oleh : Petti Lubis, Lutfi Dwi Puji Astuti

VIVAnews - Maag Anda kambuh saat berpuasa? Kondisi ini memang bisa terjadi. Namun, meski maag lebih banyak terjadi pada mereka yang memang memiliki riwayat gangguan lambung, tapi Anda perlu mengantisipasi keluhan kesehatan ini.

Menurut  dr. Handrawan Nadesul, penulis buku 'Sehat Itu Murah', maag yang kerap muncul pada saat berpuasa kebanyakan disebabkan oleh dua hal, yaitu kesalahan cara makan dan jenis makanan yang disantap pada waktu sahur dan berbuka.

Selama berpuasa, proses pencernaan memang tak berlangsung seperti biasa. Itu sebabnya, produksi asam lambung terus melonjak, terutama jika saat sahur dan berbuka Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang menstimulasi produksi asam lambung. Contohnya, minuman berkafein (kopi, cokelat, dan soda).

Studi membuktikan, perkembangbiakan bakteri pada lambung meningkat tajam pada mereka yang mengonsumsi kopi lebih dari tiga cangkir sehari. Selain itu, merokok setelah makan sahur atau berbuka juga dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Untuk menyiasati gangguan pencernaan ini, sebaiknya Anda:
- Berbukalah tepat pada waktunya, jangan sengaja diundur atau diperlambat. Saat berbuka mulailah dengan makanan yang manis-manis secukupnya, ini penting untuk menormalkan kadar gula dalam tubuh.

- Jangan langsung menyantap makanan 'besar' (nasi dan lauk pauknya). Sebaiknya, tunggu kira-kira satu jam sebelum Anda makan ‘besar’, agar kadar gula darah dan cairan tubuh kembali ke posisi normal.

- Perbanyak konsumsi makanan mengandung serat saat sahur, sehingga pengosongan lambung ‘berjalan’ lebih lambat.

- Makanan yang memiliki keasaman sebaiknya dihindari karena pada permulaan puasa, asam lambung meningkat cukup tinggi.

- Batasi konsumsi minuman berkafein dan berhentilah merokok.

- Jangan langsung tidur setelah sahur untuk menghindari mual.

- Bila Anda penderita maag yang sudah cukup berat, Anda bisa mengantisipasinya dengan mengonsumsi obat maag tiga kali sehari, saat sahur, berbuka dan pada tengah malam.

TERKAIT
    TERPOPULER
    File Not Found