Harta Karun Dari Cirebon Dipamerkan

Gudang harta karun di Pamulang
Sumber :
  • VIVAnews/ Zaky Al Yamani

VIVAnews - Museum Nasional atau Museum Gajah menggelar pameran Warisan Budaya Bawah Air (WBBA) Indonesia. Acara ini berlangsung mulai hari ini, Rabu, 4 Agustus 2010 hingga Minggu, 15 Agustus 2010.

"Lewat pameran ini, diharapkan pengunjung mengetahui bagaimana hukum yang berlaku menyangkut pelestarian dan pemanfaatan WBBA,” kata pejabat Direktorat Kesejarahan dan Purbakala, Kementeriaan Kebudayaan dan Pariwisata, Hari Oentarto.

Selain itu, kata Hari, diharapkan pengunjung dapat mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di seputar peristiwa lelang WBBA.

Dalam pameran ini, pengunjung tidak hanya dapat menyaksikan artefak dari kapal tenggelam koleksi negara yang selama ini belum pernah dipublikasikan, tetapi juga dapat mendengar kisah mengenai pengangkatan harta karun atau Benda Berharga asal Muatan Kapal yang Tenggelam (BMKT).

Salah satu harta karun yang dipamerkan berasal dari laut Cirebon. Harta ini sempat menjadi kontroversi saat akan dilelang beberapa bulan lalu.

Pengunjung pameran juga dapat berinteraksi dengan materi pameran dengan membuka panel teks untuk mendapatkan informasi rinci, kemudian mencium  aroma rempah-rempah yang merupakan primadona komoditi perdagangan Indonesia di masa itu.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024