Foke: SPBU Saja Digusur, Apalagi Taman Ria

Taman Ria Senayan dilihat dari gedung parlemen
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Rencana pembangunan mal Taman Ria Senayan terus menjadi sorotan. Bahkan Gubernur Fauzi Bowo secara tegas mendukung jika lahan tersebut dijadikan Ruang Terbuka Hijau ketimbang Mal.

"Saya mendukung penuh jika Taman Ria Senayan dijadikan Ruang Terbuka Hijau, apalagi saat ini di Jakarta sangat sedikit adanya Ruang Terbuka Hijau," katanya dalam acara peringatan Hari Perencanaan Kota Sedunia di Eco Park, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Minggu 1 Agustus 2010.

Bentuk keyakinan itu, ditegaskan Foke dengan sikap yang dilakukan Pemprov DKI ketika menggusur puluhan SPBU yang berada di jalur hijau beberapa waktu lalu. "Dulu saja kita berani menggusur SPBU, kenapa Taman Ria Senayan tidak bisa," kata Foke.

Salah satu keberanian itu, sambungnya, dengan tidak memberikan ijin mendirikan bangunan dan Amdal (Analisis Dampak Lingkungan) ketika Taman Ria Senayan akan dibangun untuk Mal. Ia menuturkan, sikap Pemrov DKI itu mempertegas akan komitmen kepedulian soal tata ruang di Jakarta.

Selain itu, tata ruang merupakan isu pokok yang harus dilakukan oleh Pemprov DKI untuk melakukan perbaikan ke depannya. "Ini merupakan tantangan, melalui tata ruang kita punya amanah untuk aspek kehidupan lebih baik di Jakarta," ucapnya.

Namun, pemahaman dan merancang tata ruang yang baik, tidak akan sukses tanpa adanya kesadaran serta kecintaan dari penduduk terhadap kotanya. Meskipun sudah ada penataan, pemanfaatan, dan pengendalian mengenai tata ruang

Perencanaan tata ruang juga sangat dipengaruhi dengan pertambahan jumlah penduduk yang kian pesat di sekitar Jakarta, seperti Depok, Bekasi, dan Tangerang Selatan.

Dengan adanya hari Perencanaan Kota Sedunia diharapakan menjadi ajang inspirasi dan semangat baru untuk kepetingan perencanaan ruang khususnya DKI Jakarta.

Seperti diketahui, Hari Perencanaan Kota Sedunia diselenggarakan serentak di 33 negara. Sedangkan perayaan tersebut di Indonesia dinamakan Hari Tata Ruang Nasional, dan sudah dilakukan selama 3 kali, sejak tahun 2008-2010. Dalam perayaan tersebut dipilih tema Smart Green City Planning.

Hadir pula Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto yang ikut merayakan acara tersebut, dan sekaligus menanam pohon produktif di Taman Eco Park, Taman Impian Jaya Ancol. Dalam kesempatan itu, Djoko menyampaikan tata ruang kota semakin diperlukan karena separuh penduduk dunia tinggal di perkotaan.

"Selain itu, dengan adanya tata ruang yang teratur, mengurangi pemanasan global dan menumbuhkan kota yang produktif serta aman," kata Djoko. "Untuk itu perlu sosialisasi penataan ruang di masyarakat."(np)

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat
Pasukan ISIS di Suriah (Doc: The Cradle)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Setidaknya 20 pejuang dari Liwa al-Quds, sebuah kelompok bersenjata Palestina yang mendukung tentara Suriah, tewas ketika bus mereka disergap oleh militan tak dikenal.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024