Kongres Sepeda Indonesia Siap Pecahkan Rekor

sepeda ontel2
Sumber :

VIVAnews - Sebanyak 50 ribu pesepeda dari berbagai komunitas dan kelompok akan meramaikan Kongres Sepeda Indonesia (KSI) yang akan digelar di Jakarta 16-18 Juli mendatang. Ini adalah KSI yang pertama digelar mengusung tema ”Budayakan Bersepeda Sebagai Alat Transportasi yang Sehat, Murah dan Peduli Lingkungan.”

Saat kongres berjalan digelar pameran dan atraksi sepeda di Lapangan Parkir Timur Senayan diikuti 1.500 peserta dari perwakilan komunitas sepeda dan industri.

Hari pertama pembukaan KSI akan diresmikan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi sedangkan karnaval sepeda  akan diikuti 50.000 peserta dari berbagai komunitas sepeda di Indonesia. "Start akan dilepas Gubernur DKI Fauzi Bowo,”kata Ketua Umum KSI Syahrul Effendi.

Karnaval sepeda akan bergerak dari Gelora Bung Karno (GBK) menuju Kota Tua dan kembali  ke Gelora Bung Karno.

Sementara dalam acara kongres di Hotel Sultan sejumlah pembicara akan hadir. Antara lain, Kapolri, Mendagri, Menteri Hukum dan HAM, Menneg Lingkungan Hidup, Menteri Perhubungan, Menteri Perindusterian dan Menteri Kehutanan.

Syahrul Effendi yang juga sebagai Walikota Jakarta Selatan menyatakan, KSI ini bertujuan untuk menjalin persaudaraan antar komunitas sepeda se-Indonesia dan kampanye menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan sepeda untuk berbagai aktifitas serta berpartisipasi aktif dalam mengurangi pencemaran udara.

"Membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya bersepeda guna mengurangi polusi pencemaran udara dan pemanasan global,” kata Syahrul.

Dikesempatan lain Ketua Bidang Humas dan Promosi KSI Syamsudin Noor mengatakan, lewat KSI diharapkan akan ada keputusan yang bermanfaat bagi para pengguna dan komunitas sepeda sebagai moda transportasi yang nyaman dan aman serta ramah lingkungan. UU nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan pasal 36 ayat 2 menyatakan, pesepeda berhak atas fasilitas pendukung keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas.

KSI juga akan masuk dalam catatan dua rekor MURI yakni rekor untuk perhelatan KSI yang pertama di Indonesia dan rekor untuk karnaval sepeda terbesar yang diikuti 50.000 pesepeda dari berbagai komunitas sepeda. Syamsudin melanjutkan, Kementerian Hukum dan HAM dan Kementerian Dalam Negeri mendukung KSI sepenuhnya.

10 Kampus Bisnis Terbaik Dunia Tahun 2024
Tiga bakal Capres Ganjar, Anies dan Prabowo diundang makan siang Jokowi di Istan

MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, Rosan: Mari Bersatu Wujudkan Indonesia Emas

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Perkasa Roeslani menegaskan pemilu 2024 sudah selesai setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan perselis

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024