Pendaftaran Online SMA Jakarta Digeser

Seorang pengguna internet di China
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews – Tiga hari terakhir, sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK berbasis realtime di Jakarta terganggu. Gangguan terjadi karena kelebihan beban (overload) sehingga sistem PPDB tidak dapat diakses.

Setelah Jumat 2 Juli 2010 pagi mengalami gangguan (error) dan beroperasi normal kembali pada sore harinya, lalu Sabtu 3 Juli 2010 kembali error. Minggu 4 Juli 2010, saat dicek ulang, ternyata masih belum juga dapat diakses. Hal ini mengakibatkan proses PPDB mengalami keterlambatan pelayanan.

Lalu, Dinas Pendidikan Jakarta mengevaluasi hal itu. Dari hasil evaluasi pelaksanaan PPDB selama tiga hari terakhir, dinas memutuskan untuk memperpanjang jadwal penerimaan calon siswa baru SMA/SMK hingga 8 Juli 2010 untuk tahap I. Terhitung mulai Minggu 4 Juli 2010, kebijakan baru tersebut diumumkan kepada seluruh pengelola sekolah.

"Bagi anggota masyarakat yang belum sempat mendaftar SMA/SMK pada 1-3 Juli, masih ada kesempatan hingga 8 Juli. Ini sebagai upaya memberikan pelayanan lebih baik kepada masyarakat," ujar Taufik Yudi Mulyanto, Kepala Dinas Pendidikan Jakarta, yang dikutip dari situs resmi pemerintah Jakarta, beritajakarta.com.

Wakil Kepala Dinas Pendidikan Jakarta Ratiyono menambahkan dengan adanya pergeseran jadwal PPDB, secara otomatis seluruh proses pendaftaran hingga pengumuman juga mengalami pergeseran. Seperti pada pendaftaran PPDB tahap I yang semula 1 Juli hingga 3 Juli, kini menjadi 6 Juli hingga 8 Juli. Pada 8 Juli nanti, pendaftaran akan ditutup pukul 12.00 WIB.

Lalu, pengumuman PPDB tahap I yang semula dijadwalkan 5 Juli pukul 08.00 WIB, dalam penjadwalan ulang, pengumuman akan dilaksanakan pada 8 Juli pukul 16.00 WIB.

Kemudian juga jadwal lapor diri siswa yang lulus PPDB tahap I pada 5 Juli hingga 6 Juli, dalam penjadwalan ulang akan dilaksanakan pada 9 Juli dan 12 Juli bertempat di sekolah tujuan mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

Sementara untuk pengumuman tempat yang masih tersedia, jika sebelumnya dijadwalkan 6 Juli pukul 16.00 WIB dalam penjadwalan ulang direncanakan pada 12 Juli pukul 16.00 WIB.

Lalu untuk pendaftaran PPDB tahap II yang semula dijadwalkan pada 7 Juli hingga 8 Juli mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB dijadwalkan ulang pada 13 Juli hingga 14 Juli mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

Sedangkan untuk pengumuman PPDB tahap II yang semula 9 Juli dijadwalkan pada 14 Juli pukul 16.00 WIB. Lapor diri siswa yang lulus PPDB tahap II yang semula dijadwalkan 9 Juli dijadwalkan ulang pada 15 Juli hingga 16 Juli. Seluruh proses PPDB tersebut akan diumumkan di sekolah tujuan secara serentak pada 17 Juli mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

"Hal itu juga berarti rencana masuk pertama tanggal 12 Juli diundur menjadi 19 Juli," katanya. (hs)

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati
Presiden Joko Widodo dan Yanda Zaihifni Ishak jadi saksi pernikahan

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Presiden Joko Widodo bersama Yanda Zaihifni Ishak menghadiri acara pernikahan putri dari Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024