DKI Obral 44.746 Bangku Sekolah SMA

UN Siswa SMP
Sumber :
  • Antara/Regina Safri

VIVAnews - Dinas Pendidikan DKI Jakarta pada tahun ajaran baru 2010/2011 ini menyediakan 44.746 bangku kosong untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia

Seluruh bangku kosong disediakan sebanyak 29.309 untuk SMA Negeri dan 15.417 bangku kosong di SMK Negeri yang berada diseluruh wilayah DKI Jakarta. Pra pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK sedang berlangsung melalui sistem online.

Bangku kosong untuk SMA terdiri dari 27.843 bangku untuk siswa lulusan di DKI Jakarta dan sisanya sekitar 5 persen atau
1.466 bangku disediakan untuk siswa yang lulus SMP di luar DKI Jakarta.

Sedangkan SMKN, disediakan sebanyak 15.417 bangku kosong diantaranya 14.647 untuk siswa SMP DKI Jakarta dan sebanyak 770 untuk siswa SMP diluar DKI Jakarta.

"Kuota ini telah memenuhi kebutuhan yang ada. Diharapkan tidak ada lagi bangku kosong diakhir pendaftaraan PPDB nantinya," ujar Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, Rabu 30 Juni 2010.

Calon siswa asal DKI Jakarta dapat mendaftarkan dirinya di sekolah yang diminati pada PPDB Tahap I yang akan dibuka mulai 1-3 Juli 2010. Pendaftaran dilakukan secara online di website PPDB DKI.

Pada 3 Juli, Dinas Pendidikan DKI akan mengumumkan calon siswa yang diterima di sekolah tujuannya. Menurutnya, pendaftaran calon siswa baru akan menggunakan sistem ambang batas.

Artinya, kuota kursi yang disediakan akan diisi oleh mereka yang mereka mendaftar dengan nilai ujian tertinggi.

"Calon siswa jangan lupa untuk lapor diri. Karena biasanya, sering lupa. Akhirnya siswa tersebut tidak diterima," ujarnya.

Lapor diri siswa akan dibuka pada 5-6 Juli 2010. Selanjutnya pada 6 Juli, Dinas Pendidikan akan mengumumkan jumlah bangku kosong yang dapat diisi oleh siswa yang belum diterima pada PPDB Tahap I.

Setelah itu, siswa kembali dapat mendaftarkan dirinya ke sekolah tujuan pada PPDB Tahap II yang akan dilaksanakan pada 7-8 Juli 2010.

"Semuanya gratis. Mulai dari pra pendaftaran sampai pada lapor diri, tidak ada dipungut bayaran sepersen pun," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Bowo Iriyanto, menerangkan setiap calon siswa SMA dapat memilih lima sekolah tujuan, sedangkan calon siswa SMK dapat memilih tiga sekolah tujuan.

Dia memaparkan bagi calon siswa yang berasal dari luar Jakarta dan luar negeri pendaftaran dipusatkan di SMAN 68, Jakarta Pusat. Bagi calon siswa asal Bekasi, pendaftaran dipusatkan di SMAN 72, Kelapa Gading, Jakarta Utara, SMAN 54, Rawa Bunga, Jakarta Timur, dan SMAN 99, Jl Raya Bogor, Jakarta Timur.

Lalu calon siswa yang berasal dari wilayah Tangerang, pendaftaran dapat dilakukan di SMAN 33 Cengkareng, Jakarta Barat, SMAN 38 Lenteng Agung, Jakarta Selatan dan SMAN 90 Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Kemudian, bagi calon siswa asal Depok dapat mendaftar di SMAN 38 Lenteng Agung, Jakarta Selatan, SMAN 90 Jl Raya Bogor, Jakarta Timur dan SMAN 54, Rawa Bunga, Jakarta Timur.

Bowo juga menerangkan saat ini sedang dilakukan PPDB Tahap II bagi calon siswa SMP Negeri di seluruh DKI Jakarta yaitu mulai dari 29 hingga 30 Juni 2010. Data sementara, saat ini bangku kosong untuk calon siswa SMP di DKI mencapai 3.692 bangku.

Sedangkan daya tampung sebanyak 287 SMPN di DKI Jakarta, totalnya sebanyak 72.860 bangku. Diantaranya sebanyak 69.393 bangku
telah terisi pada PPDB Tahap I yang dilaksanakan pada 23-25 Juni 2010.

Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Saat hendak diamankan, massa yang geram sempat menghakimi pelaku berulang kali hingga babak belur. Bahkan polisi sempat dibuat kewalahan dengan banyaknay massa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024