Festival Passer Baroe Dibuka Malam Ini

Festival Pasar Baru : Wushu
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews – Malam ini, pukul 19.00 WIB, Festival Passer Baroe akan dibuka Gubernur Jakarta, Fauzi Bowo. Pesta untuk memeriahkan ulang tahun Jakarta ke 483 ini akan berlangsung sampai Minggu 27 Juni 2010.

"Festival ini bertujuan untuk melestarikan pusat perbelanjaan tertua di Jakarta ini sekaligus dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekitar," kata Kepala Sub Dinas Pariwisata Jakarta Pusat, Triyugo Prasetyo, Jumat 25 Juni 2010.

Triyugo berharap melalui festival ini, Passer Baroe, pasar yang dibangun pada 1828, makin dikenal luas hingga mancanegara sebagai pusat perbelanjaan bertaraf internasional.

Di area pertokoan pasar, nanti digelar berbagai macam bazaar, mulai dari usaha kecil sampai usaha kelas besar. Selain itu, ada pesta Great Sale dengan diskon besar-besaran di semua pertokoan Passer Baroe hingga 80 persen.

Festival Passer Baroe juga akan diramaikan berbagai kegiatan. Di antaranya, lomba perahu di sepanjang Kali Ciliwung Timur dan lomba panjat pinang. Selain itu, ada parade Passer Baroe dengan menampilkan marching band, ondel-ondel, marawis, tanjidor, Abang None, Reog Ponorogo hingga atraksi kebudayaan India dan Tionghoa.

"Dan yang paling menarik adalah adanya fashion on street atau peragaan busana di sepanjang jalan pertokoan,” kata Triyugo. “Busana yang diperagakan berasal dari produk pedagang retail Passer Baroe."

Untuk mencegah kemacetan lalu lintas selama berlangsung festival, Winur Wulan Meranti, Operation Manager Focus Convesindo, mengungkapkan telah berkoordinasi dengan instansi terkait tentang rencana pengalihan arus di sekitar lokasi.

"Karena tidak dipungkiri jika ribuan orang yang datang menonton pasti akan memacetkan lalu lintas sekitar Pasar Baru," kata Winur.

Selain Festival Passer Baroe, di bulan ini, pemerintah juga menyelenggarakan Festival Cipete atau yang dikenal dengan Cipete Vaganza, Festival Kebon Manggis, Festival Hutan Kota Srengseng, dan Festival Jalan Jaksa. (adi)

Mobil Angkot Andalan Masyarakat Ini Segera Berusia Emas
Hwang Sun-hong,

Pelatih Korea Selatan Puji Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia U-23 Setinggi Langit

Timnas Indonesia U-23 dan Korea Selatan akan berhadapan di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Jelang laga itu, pelatih Korea Selatan memberikan pujian.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024