Bangun MRT, Foke Tagih Komitmen Pusat

Subway, salah satu moda angkutan MRT
Sumber :
  • subway.com

VIVAnews – Gubernur Jakarta Fauzi Bowo berharap pemerintah pusat tetap berkomitmen untuk membantu pembiayaan proyek mass rapid transit (MRT). MRT ialah sistem transportasi massal yang dapat mengangkut penumpang dalam jumlah besar secara cepat.

“Kami harapkan bisa berjalan sesuai rencana sehingga pembangunan MRT bisa berjalan secara sinergis,” kata Fauzi Bowo di Jakarta.

Foke, begitu Fauzi Bowo biasa disapa, berharap jalur MRT bukan hanya menghubungkan kawasan utara dan selatan Jakarta saja, tapi juga dari barat ke timur. Dengan begitu, jangkauan layanannya bisa menyeluruh dan bisa melayani lebih banyak penumpang.

Naik Drastis! Ada 1,2 juta Orang Naik Angkutan Umum di Hari Terakhir Libur Lebaran

Proyek MRT yang kini sedang dikerjakan desainnya ialah untuk rute tahap pertama, yakni Lebak Bulus – Dukuh Atas. Rencananya, pembangunan tahap awal dimulai pada 2012 dan ditargetikan beroperasi November 2016. Setelah itu, akan dilanjutkan lagi pembangunan rute Dukuh Atas – Kota.

Sebelumnya, Arif Rahmat dari divisi Project Management MRT optimistis proyek MRT akan berjalan mulus. Menurutnya, dana sudah tersedia, berasal dari bantuan Jepang (JICA). Diperkirakan, dana yang dibutuhkan mencapai Rp15 triliun.

Viral Turis Korea Dikecam Gegara Tindakan Tak Senonoh di Festival Kebudayaan Thailand

“Dana sebesar itu belum final, karena masih menunggu finalisasi desain yang terus digarap hingga awal 2011. Yang jelas, proyek ini pasti berjalan, dan bakal menjadi milik DKI,” kata Arif dalam siaran pers PT JIEXPO, penyelenggara Arena Jakarta Fair.

Berita sebelumnya tentang rencana pembangunan MRT bisa dibaca di sini. (hs)

Bertemu Airlangga di Jakarta, Bobby: Saya Diundang, Gak Sopan Kalau Tak Datang
Prilly Latuconsina masak untuk Lebaran

Prilly Latuconsina Ketahuan Masak Pakai LPG 3 Kg, ESDM Beri Sindiran Menohok

Artis Prilly Latuconsina beberapa waktu lalu menjadi perbincangan di media sosial lantaran kedapatan menggunakan gas LPG 3 Kg untuk memasak jelang hari raya Idul Fitri.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024