Tanggul Pelindo Bocor, Rumah Warga Terendam

Dua orang anak menumpang gerobak melewati banjir.
Sumber :
  • Antara/Ujang Zaelani

VIVAnews – Tanggul milik PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) di kawasan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, kembali bocor. Akibatnya, rumah-rumah penduduk di tujuh RT terendam, Jumat 25 Juni 2010.

“Kondisi seperti ini sudah terjadi sejak tiga hari lalu (Selasa 22 Juni 2010),” kata Bakrie, 46 tahun.

Daerah rumah penduduk yang terendam terletak lebih rendah dari permukaan laut. Apabila terjadi banjir yang diakibatkan oleh air laut yang pasang, sudah pasti Muara Baru terendam.

“Tapi karena kasus terakhir ini akibat tanggul jebol banjir, keadaannya lebih parah, air sampai dada,” kata Bakrie.

Menurut Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyono, tanggul jebol sedikit demi sedikit. Luapan air memuncak ketika laut pasang, ditambah hantaman ombak besar. “Luas jebolan tanggul sekarang mencapai tujuh meter," katanya.

Permasalahan ini sudah disampaikan ke PT Pelindo. Bambang mengatakan saat ini, Pelindo sudah mulai membangun penahan air yang terdiri dari bronjong atau karung berisi pasir.

Hujan Badai di Dubai: Muazin Ubah Lafadz Azan, Netizen: Merinding!

"Ke depan, Pelindo akan membangun tanggul ini secara permanen,"  kata Bambang. (Laporan: Arnes Ritonga, Jakarta Utara | kd)

Banjir Dubai

4 Kelakuan Kocak Masyarakat Dubai Saat Banjir Ada yang Main Jetski sampai Berjemur

Akibat banjir tersebut, semua entitas pemerintah dan sekolah, instansi swasta Dubai diinstruksikan untuk bekerja jarak jauh pada Selasa lalu karena kondisi cuaca.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024