Macet Rugikan Warga DKI Rp 17,2 T Per Tahun

Arus Lalu Lintas Macet di Jalan Gatot Subroto
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews – Akibat kemacetan lalu lintas yang terjadi setiap hari di Ibukota Jakarta, diperkirakan kerugian yang diderita oleh semua warga Jakarta mencapai Rp 17,2 triliun setiap tahun.

“Nilai kerugian yang harus ditanggung dari akibat macet sangat besar sekali,” kata Kepala Bidang Informasi Publik, Pemerintah Provinsi Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia, kepada VIVAnews, Jumat 25 Juni 2010.

Estimasi kerugian itu merupakan hasil penelitian Dinas Perhubungan Jakarta pada 2009.

Cucu mengungkapkan total kerugian yang ditanggung warga terbagi atas tiga sektor. Yakni, akibat bahan bakar, waktu yang tidak produktif, dan kerugian kesehatan.

Ditanya mengenai sektor mana yang paling besar kerugiannya, Cucu menyatakan data rinci mengenai nilai itu harus dipastikan terlebih dulu ke Dinas Perhubungan.

Menurut Cucu, untuk menjawab persoalan lalu lintas ini, salah satunya ialah merealisasikan proyek angkutan massal (mass rapid transit/MRT). MRT ialah alat transportasi  yang dapat mengangkut penumpang dalam jumlah besar secara cepat.

“Coba kalau ke kantor pakai mobil, satu mobil isinya dua orang. Kalau dua ribu orang pakai mobil dan bergerak bersama. Bayangkan banyaknya kendaraan di jalan,” kata Cucu. “Tapi kalau pakai MRT, satu MRT bisa mengangkut banyak orang sekaligus. Lebih efektif.”

MRT Jakarta yang akan dibangun Pemerintah Jakarta membentang dari Lebak Bulus di Jakarta Selatan dan Dukuh Atas di Jakarta Pusat sepanjang 14,5 kilometer. Empat kilometer di antaranya dibangun di bawah tanah dan 10,5 kilometer dibangun melayang di atas jalan.

Proyek itu adalah tahap 1 dari rencananya 3 tahap pembangunan MRT di Jakarta. Tahap 2 adalah dari Dukuh Atas ke Kota dan tahap 3 adalah jalur Timur - Barat.

Seluruh pembangunan dan pengoperasian sistem MRT Jakarta dilakukan oleh PT MRT Jakarta yang dimiliki Pemerintah Jakarta. (adi)

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Borneo FC
Ilustrasi game changer.

Proyek Ini jadi 'Game Changer'

Game changer merupakan istilah yang mengacu pada perubahan atau inovasi yang mendasar dalam industri atau pasar yang mengubah dinamika yang ada dan ciptakan standar baru.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024