METRO

Walikota, Forkabi dan Kelompok Madura Bertemu

Pertemuan melibatkan Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) dan kelompok Madura.
Senin, 31 Mei 2010
Oleh : Ismoko Widjaya, Zaky Al-Yamani
Kerusuhan di Cengkareng, puluhan rumah dan mobil dibakar

VIVAnews - Pada tadi, Walikota Jakarta Barat Djoko Ramadhan dan Musyawarah Pimpinan Daerah menggelar pertemuan membahas bentrokan di Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat. Pertemuan melibatkan Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) dan kelompok Madura.

"Baru selesai jam 11.30 WIB. Forkabi diwakili Haji Latief dan ada juga perwakilan kelompok Madura," kata Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Forkabi, Zamakhsari saat dihubungi, Senin 31 Mei 2010.

Menurut dia, pertemuan pagi tadi itu digelar di Kantor Walikota Jakarta Barat. Dari hasil pertemuan disepakati bahwa kedua belah pihak harus menahan diri. Soal tahan diri ini, menurut dia, Forkabi telah menyiarkannya ke seluruh cabang ranting di seluruh Jakarta.

"Dalam pertemuan itu juga, kami sepakat  proses hukum akan tetap dilakukan karena ini merupakan tindak pidana," ujar Zamakhsari.

Menurut dia, rencananya korban tewas Endid Mawardi akan dimakamkan di TPU Gondrong Petir. Endid merupakan Ketua Forkabi Cabang Cipondoh, Tangerang.

Bentrokan yang berujung pembakaran itu terjadi sekitar pukul 22.00 WIB. Bentrokan yang menewaskan satu orang itu dipicu senggolan mobil korban dengan mobil truk milik warga setempat.

Akibat pembakaran itu, sebanyak 35 lapak penjual kayu bangunan milik warga Madura ludes dilalap api. Massa merusak dan membakar lapak-lapak di lokasi kejadian yang menewaskan Endid. (hs)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found