METRO

Kota Tua Jadi Pusat Ulang Tahun Jakarta

Pencanangan akan dilakukan pukul 06.00 besok pagi di Museum Fatahillah.

ddd
Sabtu, 29 Mei 2010, 23:24
Musium Fatahillah di kawasan Kota Tua Jakarta tahun 2008
Musium Fatahillah di kawasan Kota Tua Jakarta tahun 2008 (VIVAnews/Maryadie)

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tahun ini memilih kota tua sebagai pusat peringatan hari ulang tahun (HUT) Kota Jakarta ke-483. Pencanangan HUT akan dilakukan di Taman Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah.

Pencanangan akan dilakukan hari ini, Minggu 30 Mei 2010, tepat pukul 06.00 WIB. Sedikitnya 73 rangkaian kegiatan telah disiapkan menjelang hari jadi ibukota pada 22 Juni mendatang. Sekitar 3000-an orang akan meramaikan acara tersebut.

Dalam kegiatan ini juga akan dimeriahkan berbagai hiburan masyarakat mulai dari marawis, barongsai, pelepasan balon berhadiah hingga kegiatan taman bacaan. Selain itu ada pameran lingkungan, stand bazar, lomba lukis anak TK dan pertunjukan hiburan oleh artis ibukota.

Selain berbagai kegiatan darat, perayaan juga akan dilakukan melalui pesta bahari. Di antaranya lomba renang antar pulau dengan Rute Pulau Panggang – Pulau Pramuka, Pesta Bahari di Kepulauan Seribu. "Rencananya kami juga akan menggelar nikah massal terhadap 1.000 pasangan," kata Kepala Bidang Informasi Publik Pemprov DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia, Sabtu.

Secara keseluruhankegiatan dalam perayaan HUT DKI tahun 2010 ini mencapai 73 item dan akan berlangsung selama satu bulan, yakni mulai dari 30 Mei hingga 30 Juni 2010. Selain itu juga akan ada lomba Lari Maraton 10 kilometer. “Aksi bersih-bersih kali bersama komunitas Ciliwung dan penggunaan busana Betawi secara bersama di lingkungan pegawai Pemprov DKI juga akan menyemarakkan HUT kali ini,” tambahnya.

Terkait hal tersebut, Kepala Biro Tata Pemerintahan DKI Jakarta, Achmad Lutfi yang juga Sekretaris Panitia Perayaan HUT Kota Jakarta ke-483, menjelaskan untuk tahun ini tema yang diambil ialah ‘Dengan Keberagaman Kita Bangun Kota Jakarta sebagai Kota Jasa yang Ramah Lingkungan’. “Dengan tema tersebut tentunya kita berharap Jakarta bisa menjadi kota yang ramah terhadap lingkungan,” katanya.

Sebelumnya terkait HUT Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengimbau warga menggunakan baju koko dan kebaya encim di hari H. Di lingkungan Pemprov, penggunaan baju koko dan kebaya bukan lagi berupa imbauan tapi sudah kewajiban. (umi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id