Polda Metro Musnahkan Ribuan Butir Ekstasi

Pengungkapan Jaringan Narkoba
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya memusnahkan ribuan butir ekstasi hasil pengungkapan pabrik narkoba di perumahan mewah Citra Garden II Extension BB/6 Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat.

Pemusnahan dilakukan di halaman gedung Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya dan dihadiri petugas dari Pusat Laboratorium dan Forensik Mabes Polri.

Konfrontasi Memanas, Iran Pertimbangkan Penggunaan Nuklir Lawan Israel

"Menurut Undang-Undang, setelah dua minggu, ekstasi harus dimusnahkan," ujar Direktur Narkoba Polda Metro Jaya Komisaris Besar Anjan Pramuka Putra, Rabu 26 Mei 2010.

Adapun barang bukti yang dimusnahkan di antaranya ratusan kilogram bahan baku ekstasi, seperti ketamin dan ekstasi siap edar sebanyak 50 ribu butir.

Pemusnahan dilakukan dengan tiga cara, yakni diblender, dilarutkan dan dibakar. "Tidak ada oven khusus dengan suhu tinggi untuk pembakaran makanya kita bakar di drum saja," ujar Anjan.

Pemusnahan dengan cara diblender dikhususkan untuk ekstasi yang sudah jadi. Setelah hancur, ekstasi itu kemudian dilarutkan dalam drum berisi air.

Sebelumnya, 23 Maret 2010 lalu, polisi menggerebek pabrik ekstasi di Perumahan Citra Garden II Extension BB/6 Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat.

Barang bukti yang berhasil disita terdiri dari 500 kg bahan sabu, 50 ribu butir ekstasi serta seratusan kilogram bahan mentahnya. Tidak ketinggalan perangkat pembuat narkoba yang mampu memproduksi 300 butir ekstasi dan 25 gram sabu per hari.

"Selain di Jakarta, produknya juga diedarkan ke Bali dan Bandung. Harga pasaran ekstasi saat ini Rp 150 ribu per butir, sabu per kilo Rp 800 juta. Maka omzet bulanan Anthony Widjaya bisa miliaran rupiah," papar Anjan.

Anthony Widjaya (48) adalah tersangka yang berhasil ditangkap polisi dalam penggerebekan. Dia penghuni rumah mewah berlantai dua yang hampir di setiap kamar tidur dan kamar mandinya berisi fasilitas produksi narkoba tersebut.

Turut ditangkap bersama Anthony adalah Leonardi yang belakangan diketahui sebagai residivis kasus narkoba dan berdomisili di Bali. Terkait latar belakangnya itu, Leonardi dicurigai sebagai pengedar hasil produksi Anthony untuk wilayah Bali. (umi)

Pemain Timnas Qatar U-23 merayakan gol

Gol Menit 103, Qatar Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Yordania

Timnas Qatar U-23 menjadi tim pertama yang lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Kepastian itu didapat usai sang tuan rumah mengalahkan Yordania.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024