Indonesia Masih Butuh 45 Kebun Raya

Hutan
Sumber :
  • mangabay.com

VIVAnews – Wakil Ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Lukman Hakim menilai Indonesia membutuhkan 54 Kebun Raya yang tersebar di berbagai provinsi, kabupaten dan kota agar bisa menampung keaneka ragaman hayati.

Lukman menjelaskan bahwa sampai saat ini bahwa baru ada 17 Kebun Raya yang sudah tersebar di berbagai Provinsi dan Kabupaten.

"Dengan jumlah yang hanya belasan Kebun Raya masih belum mencukupi untuk menampung keaneka ragaman hayati Indonesia," ujarnya saat menghadiri peringatan ulang tahun Kebun Raya Bogor ke 193, Selasa 18 Mei 2010.

Pembangunan Kebun Raya diperlukan bukan hanya untuk menampung ragam hayati, tapi juga untuk mencegah pemanasan global.

Mangindar Simbolon, Bupati Samosir, Sumatera Utara,
mengatakan, dana yang dibutuhkan untuk membangun Kebun Raya di Kabupaten Samosir mencapai Rp 73 miliar dengan luas 100 hekar.

Sedangkan, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Samosir hanya sebesar 300 miliar tiap tahun. "Karena itu, kami membutuhkan bantuan dari yang lainnya, terutama para pengusaha dan LIPI," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Kebun Raya Samosir yang akan dibangun tersebut, mempunyai kelebihan dibanding yang lain. Antara lain, terletak di atas Danau Toba dan dekat dengan pegunungan. (mt)

Kubu Ganjar-Mahfud Ingin Suara Prabowo-Gibran Nol, Begini Kata KPU

Laporan: Ayatullah Humaeni| Bogor

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku belum kepikiran untuk maju dalam Pilkada 2024, dia justru menilai Kasatpol PP DKI Arifin berpotensi maju di Pilkada DKI.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024