METRO

Sindikat Penggelapan Mobil Ditangkap

Dari hasil pemeriksaan, sedikitnya 50 unit mobil berbagai merek milik rental dibawa kabur.

ddd
Senin, 26 April 2010, 22:28
Sindikat Penggelapan Mobil
Sindikat Penggelapan Mobil (VIVAnews/Tudji Martudji)

VIVAnews - Ini peringatan bagi pemilik rental atau perorangan yang biasa menyewakan mobil. Sebelum melepas mobil ke tangan penyewa,, setidaknya harus mendapat kejelasan siapa penyewa dan hendak dibawa ke mana. Termasuk meminta identitas diri dan jaminan yang masuk akal.

Jika tidak, bisa jadi kendaraan roda empat yang disewa tidak pernah kembali. Terbukti, peristiwa penipuan seperti ini telah menimpa sejumlah orang dan pemilik rental di Surabaya dan tempat lainnya di Jawa Timur (Jatim). 

Di Surabaya, empat orang tersangka warga Malang, Jatim ditangkap Polres Surabaya Timur karena terlibat sindikat pelaku penggelapan mobil berbagai merek. Mereka adalah Ula (39), Kusairi (37), Pardi (40) dan Husni (40). Mereka ditangkap di berbagai tempat di Jatim saat melakukan aksi penipuan dan akan menjual hasil kejahatannya.

Peristiwa ini bermula dari laporan Desi Nurmala warga Jl Semampir, Surabaya, salah seorang korban yang mengaku mobilnya dibawa kabur penyewanya. Kemudian, didapati mobil Kijang miliknya telah berpindah tangan.  

"Mereka ini bagian dari sindikat penggelapan mobil dari berbagai rental di Jatim," kata Kapolres Surabaya Timur AKBP Samudi, Senin, 26 April 2010.

Polisi menurutkan, dari hasil pemeriksaan sedikitnya 50 unit mobil telah mereka larikan dari pemilik rental yang kemudian digadaikan dan dijual di berbagai tempat. Kepada penyidik, tersangka mengaku satu unit mobil digadaikan dengan harga sedikitnya Rp 20 juta sampai Rp 25 juta.

Selain menangkap empat tersangka, Polres Surabaya Timur juga menyita sejumlah mobil. Di antaranya, Kijang warna Silver bernomor polisi L-1481-JF, N-453-C jenis Daihatsu, B-1061-WLO jenis Vitara, jenis CRV bernomor polisi W-325-NB, dan Daihatsu bernomor polisi N-1049-BB.

Selanjutnya, Polisi menghimbau warga atau perusahaan pemilik rental yang merasa kehilangan mobil bisa mengecek di Polres Surabaya Selatan untuk membuktikan benar tidaknya sejumlah barang bukti yang diamankan polisi. "Silahkan, bisa dilihat, mungkin sejumlah barang bukti ini miliknya. Tentu saja dengan menunjukkan dokumen yang ada seperti BPKB atau STNK," kata Samudi. (mt)

Laporan: Tudji Martudji | Surabaya



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com