Boediono Bermimpi Oxford Asli Indonesia

Boediono
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Wakil Presiden Boediono memimpikan Indonesia bisa memiliki universitas sekaliber Oxford di London, Inggris. Seorang pelajar menyatakan, hampir seluruh pelajar se-Sulawesi Tengah (Sulteng) memiliki cita-cita berkuliah di Oxford University.

"Saya bercita-cita ada Universitas seperti Oxford di Indonesia," kata Wakil Presiden Boediono dalam Silaturahmi dengan Perwakilan Pelajar Madrasah Aliyah Al-Khairat dan Perwakilan siwa se-Kota Palu di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat, 9 April 2010.

Boediono mendoakan agar generasi muda saat ini bisa mewujudkan cita-cita untuk bersekolah di salah satu universitas terbaik di dunia itu. "Saya sendiri tidak berkesempatan kuliah di Oxford," katanya.

Mahasiswa yang bisa mengemban pendidikan di Oxford, lanjutnya, harus benar-benar menunjukan daya saingnya. Karena persaingan di perguruan tinggi terbaik di London, Inggris itu diisi oleh berbagai mahasiswa dari berbagai negara di dunia.

Cita-cita Wapres itu menanggapi pertanyaan salah satu pelajar SMA. Ada pelajar yang mengatakan hampir seluruh pelajar se-Sulteng memiliki cita-cita berkuliah di Oxford University. Namun cita-cita itu harus berhadapan dengan batu sandungan yang sangat besar.

Seperti diketahui, pembangunan pendidikan di daerah Sulteng tidaklah secepat dengan daerah-daerah lain di Tanah Air. Hal itu diakui oleh Kepala Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulteng

Menurut dia, kendati pembangunan pendidikan meningkat setiap tahunnya tapi disadari bahwa hal itu tidak secepat daerah lain. Hal itu disebabkan luas wilayah Sulteng yang sangat besar sehingga berpengaruh pada sebaran guru.

Saat ini hanya sekitar 35 persen dari 45 guru di Sulteng merupakan tamatan sarjana. Permasalahan lain adalah kondisi sarana dan prasaranan yang masih harus ditingkatkan. Sebanyak 31 persen kondisi sekolah masih harus memperoleh perhatian untuk direhabilitasi.

Dalam kesempatan itu juga, dua orang pelajar sekolah menengah yang mengajukan pertanyaan, memberanikan diri untuk meminta izin mencium tangan Wapres. Hal itu kemudian disetujui oleh Boediono dan sontak kegaduhan membahana di ruang pertemuan silaturahmi.

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) inaugurated several post-disaster tsunami revitalization projects in 2018 during his working visit to Central Sulawesi Province.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024