Tahun Ini Kecelakaan Busway Sudah 109 Kasus

VIVAnews - Angka kecelakaan bus Transjakarta masih sangat tinggi atau sekitar 109 kasus kecelakaan sejak Januari hingga April tahun ini. Kecelakaan yang melibatkan bus jalur khusus itu membuat tiga orang meninggal dunia, enam orang luka berat, dan 28 orang luka ringan.

Kecelakaan terakhir melibatkan bus Transjakarta dekat lampu merah Tomang, Jakarta Barat, Selasa 6 April 2010 kemarin.

Kecelakaan tersebut melibatkan bus Transjakarta B 7033 IR dengan satu unit Mitsubishi Kuda B 8274 EB. Beruntung tidak ada korban jiwa pada kecelakaan naas tersebut.

"Sepanjang 2010 jumlah kecelakaan yang melibatkan bus Transjakarta mencapai 109 kasus," ujar Gunardjo, Kepala Pusat Pengendalian BLU Transjakarta, Selasa 6 April 2010, seperti dikutip dari situs milik Pemerintah DKI.

Gunardjo beralasan, masih tingginya angka kecelakaan yang melibatkan bus Transjakarta disebabkan beberapa faktor. Diantaranya, masih kurangnya disiplin masyarakat dalam hal ini para pengguna jalan dalam berlalu lintas.
Kebanyakan dari mereka masih sering mengabaikan peraturan yang berlaku dengan menyerobot jalur khusus bus Transjakarta.

Padahal, rambu-rambu larangan tersebut sangat jelas dan banyak terpampang di sepanjang jalur bus Transjakarta. Gunardjo mengakui, angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus Transjakarta terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Dalam dua tahun terakhir ini saja, merupakan jumlah tertinggi dibanding tahun sebelumnya sejak beroperasinya bus Transjakarta pada 2004 lalu.

Lonjakan kasus secara tajam terjadi mulai tahun 2008, yakni mencapai 167 kasus yang mengakibatkan 13 orang meninggal dunia dan 42 orang mengalami luka-luka.

Jumlah tersebut kembali meningkat di tahun 2009 yang mencapai 268 kasus kecelakaan hingga Oktober. Dari jumlah itu, 12 orang diantaranya meninggal dunia serta 36 orang lainnya mengalami luka berat.  "Angka kecelakaan memang menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun," ucapnya.

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024
Ilistrasi moisturizer

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

Moisturizer telah lama menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit. Moisturizer atau pelembap telah terbukti dapat meningkatkan kadar air di stratum korneum.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024