Perkuat Listrik, PLN Pasok Lima Trafo

VIVAnews - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memasok lima set trafo baru pada bulan Oktober 2010. Kelima set trafo ini untuk memperkuat listrik di wilayah Jakarta sehingga masalah krisis listrik teratasi.

Kelima trafo, masing-masing akan dipasang di Gardu Induk Kembangan, Gardu Induk Cilegon, Gardu Induk Cibatu, Gardu Induk Bekasi, dan Gardu Induk Gandul.

Dalam pengadaan trafo, PLN telah memilih empat perusahaan untuk memasok trafo, yakni perusahaan Asea Brown Boveri (ABB), perusahaan Areva, perusahaan Hyundai, dan perusahaan Xian.

Pengadaannya dilakukan dengan proses tender melalui dua tahap tender. Tahap pertama dilakukan pada tahun lalu dan tahap kedua dilakukan tahun ini.

Tiga trafo pertama sudah di tender dan pemenangnya sudah diputuskan akhir tahun lalu, yakni perusahaan Asea Brown Boveri (ABB) untuk Gardu Induk Gandul, perusahaan Areva untuk Gardu Induk Cilegon, dan perusahaan Hyundai untuk Gardu Induk Cibatu.

Sedangkan untuk dua trafo lainnya diputuskan baru-baru ini, yakni untuk Gardu Induk Kembangan yang dimenangi oleh perusahaan ABB dan perusahaan Xian untuk Garu Induk Bekasi.

Mengenai dana, dikutip dari situs PLN, perusahaan ini telah berhasil menghemat biaya pembelian trafo melalui tender sekitar 40 persen, di mana tahun lalu menghabiskan dana sekitar Rp 100 miliar tapi untuk tahun ini hanya Rp 67 miliar.

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

Presiden Joko Widodo, turut menyampaikan ucapa selamat Jumat Agung kepada umat Kristiani, yang jatuh pada hari ini, Jumat, 29 Maret 2024. Pengorbanan Yesus bisa diresapi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024