Bogor Mulai Waspada dari DBD

VIVAnews – Selama bulan Januari 2010 Dinas Kesehatan Kota Bogor, Jawa Barat, menemukan 88 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang tersebar di enam kecamatan.

Kecamatan Bogor Barat adalah daerah yang paling banyak ditemukan kasus DBD, yakni sebanyak 27 kasus. Menyusul Bogor Utara sebanyak 21 kasus, Tanah Sareal sebanyak 15 kasus.

Cerita Herjunot Ali yang Sudah 20 Tahun Jadi DJ

"Bogor Tengah ada 14 kasus, Bogor Timur sembilan kasus, dan Bogor Selatan ada empat kasus, jadi totalnya 88 kasus," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Tri Wanda Elan.

Berdasarakan laporan dan pendataan, sejak awal bulan Januari 2010 hingga kini tercatat ada 88 kasus DBD di wilayah Kota Bogor. "Namun, sampai saat ini kasusnya belum belum masuk kategori Kasus Luar Biasa (KLB).”ungkapnya, Rabu 20 Januari 2010.

Lebih lanjut ia menjelaskan, upaya yang dilakukan untuk mencegah KLB dan mengantisipasi penyebaran DBD, adalah dengan menyebarkan surat kewaspadaan kepada lurah, camat dan puskesmas setempat, berupa himbauan untuk meningkatkan kewaspadaan DBD.

Kedua melakukan anatisipasi yang dilakukan puskesmas. Selanjutnya Pemberantasan sarang nyamuk (PSN) yang dipelopori Puskesmas dan masyarakat setempat. Terakhir adalah pemeriksaan jentik nyamuk (PJN) secara berkala oleh Puskesmas.
 
Dari sekian banyak upaya pencegahan, menurut Tri Wanda, pencegahan dengan PSN lebih efektif. "Upaya pencegahan dari luar hanya dapat menghentikan penyebaran, tapi bila PSN tidak digalakkan masyarakat DBD akan terus terjadi," ujarnya lagi.

Masyarakat diminta megalakkan PSN dilingkungan masing-masing. Bulan Januari ini, Diskes kota Bogor telah melakukan sebanyak 18 kali PSN.

Laporan: Ayatullah Humaeni| Bogor

TikToker Galih Loss Resmi Ditahan, Terancam Hukuman Penjara 6 Tahun
Manajer Liverpool, Juergen Klopp

Liverpool Sudah Temuka Pengganti Juergen Klopp

Arne Slot dari Feyenoord dikabarkan menjadi kandidat utama untuk menggantikan Juergen Klopp yang akan meninggalkan Liverpool akhir musim ini.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024