Herman Dikabarkan Serahkan Diri Pukul 10.00

VIVAnews - Tarik-menarik antara Polisi Militer dan Brigadir Jenderal Purnawirawan Herman Sarens Sudiro masih berlangsung.

Hingga pukul 8.20 ini, Herman belum mau keluar dari rumahnya. Sementara, rumahnya di Taman Golf Serpong masih dikepung.

Sekitar pukul 08.00 wartawan sudah diperbolehkan masuk ke dalam kompleks perumahan di mana Herman tinggal. Hingga saat ini proses perundingan masih alot. Herman bersikukuh hanya mau dibawa dengan mobil pribadinya, bukan mobil militer.

Seperti diberitakan tvOne, Herman dikabarkan akan menyerahkan diri sekitar pukul 10.00 Waktu Indonesia Barat.

Pengepungan Herman dilakukan karena berkali-kali ia mangkir dan menghindari pengadilan militer.

Sejak menjadi incaran TNI selama lima tahun, menurut sumber, Herman telah berkali-kali menghindari pemanggilan. Herman pernah beralasan sakit tetapi akhirnya melarikan diri ke Singapura. Sekarang Herman mengaku sebagai warga sipil yang tidak ada kaitannya dengan TNI.

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI, Marsekal Muda Sagom Tamboen mengatakan Herman Sarens Sudiro ditengarai melakukan penggelapan aset Tentara Nasional Indonesia (TNI) selama menjabat Komandan Korps Markas Pertahanan Keamanan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Hankam ABRI) pada 1970-an.

"Ada dugaan penyalahgunaan wewenang terkait aset negara di lingkungan TNI yang merugikan negara," ungkap Sagom Tamboen kepada VIVAnews di Jakarta, Senin 18 Januari 2010.

Sebaliknya, Herman membantah telah menggelapkan aset. Kata dia, tanah di kawasan Warung Buncit adalah hak miliknya.

Kepada wartawan, dia memberikan sebuah surat pendek. Isinya,

"Ini adalah bukti jual beli Warung Buncit pada tahun 1967 sebelum Hankam berdiri yang dibayar oleh Jenderal Herman S Sudiro yang dikatakan sebagai koruptor.

Ttd

Prajurit Pejuang Angkatan 45 yang Teraniaya"

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya
Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sumail Abdullah, dinilai menjadi salah satu nama yang berpotensi maju di Pilkada Kabupaten Banyuwangi dalam Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024