Jakarta Luncurkan Layanan KTP Mobile

VIVAnews - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta meluncurkan pelayanan kartu tanda penduduk (KTP) mobile. Layanan ini diharapkan mempermudah warga dalam pengurusan perpanjangan KTP. Dinas meluncurkan enam unit kendaraan KTP Mobile yang akan beroperasi di lima wilayah Jakarta serta Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

“Dengan adanya pelayanan KTP Mobile diharapkan tidak ada lagi keluhan warga yang malas memperpanjang KTP,” kata Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, yang dikutip dari situs Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Senin 28 Desember 2009.

Selain itu, kata dia, pemerintah juga memberikan pelayanan secara door to door untuk warga yang mengalami sakit atau sakit permanen.

Peresmian pelayanan KTP Mobile ini dilakukan Minggu 27 Desember 2009.

Fauzi mengakui hingga kini masih ada sebagian masyarakat yang mengeluhkan tidak sempat mengurus perpanjangan KTP. Dengan adanya pelayanan KTP Mobile, Fauzi Bowo berharap tidak ada lagi keluhan seperti itu.

“Pelayanan KTP Mobile akan dilaksanakan secara bergilir di setiap kelurahan,” katanya.

Sekarang ini terdapat 6 unit kendaraan KTP Mobile yang nantinya mendatangi seluruh kelurahan yang ada di wilayah Jakarta. Kepada petugas kelurahan, Fauzi meminta agar mengatur kedatangan pelayanan KTP Mobile secara bijak.

Fauzi Bowo juga mengatakan dengan KTP Mobile, pemerintah secara khusus sudah menerapkan nomor induk kependudukan (NIK)  yang berlaku secara nasional. Dengan begitu, ke depan tidak akan ada lagi nomor kependudukan ganda yang didapat masyarakat.

“Syaratnya mudah, tinggal datang, foto dan diambil sidik jarinya. Jadi tidak memerlukan waktu lama,” katanya.

Kepada warga, Fauzi juga berpesan untuk ikut aktif membantu pemerintah daerah dalam hal pemberlakuan penerapan NIK. Warga diharapkan tidak lalai dalam melaporkan peristiwa kependudukan yang terjadi di lingkungannya.

Cole Palmer Jadi Pusat Perhatian Jelang Man City vs Chelsea
Direktur Jenderal Perkebunan Andi Nur Alam Syah dan Wali Kota Bogor Bima Arya

Kementan Lepas Ekspor Komoditas Perkebunan ke Pasar Asia dan Eropa

Kementan lepas ekspor komoditas kelor 21 ton ke Cina, komoditas kelapa 33 ton ke Yordania, komoditas teh 200 kilogram ke Turki dan Rusia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024