Ridwan Saidi: Bongkar Patung Obama

VIVAnews - Budayawan Betawi Ridwan Saidi mengecam Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo yang mengizinkan dipasangnya patung Presiden AS Barack Obama sewaktu kecil di Taman Menteng, Jakarta Pusat. Berdirinya patung Obama dinilai merendahkan martabat bangsa.

Obama, tegas budayawan yang ceplas-ceplos ini, meski pernah tinggal di Manteng Atas sewaktu kecil, tidak punya kontribusi apa-apa untuk Indonesia sehingga layak dibuatkan patung. Ironisnya Obama juga orang asing, bukan pahlawan atau tokoh Indonesia.

"Di negara mana pun, nggak ada patung orang asing. Ini proyek yang memalukan, memanipulasi, harus dibongkar," tegas Ridwan di Jakarta, Rabu 16 Desember 2009.

Ridwan menilai Fauzi Bowo telah menyalahi aturan pendirian patung. Padahal pendirian patung, baik pahlawan maupun tokoh di ruang publik tidaklah mudah. Ia menyontohkan zaman Indonesia dipimpin Soekarno. Saat itu mendirikan patung pahlawan atau patung tokoh harus seizin Soekarno selaku presiden. "Nah ini Foke kok bisa-bisanya kasih izin. Dia harus mengembalikan uang pengusaha-pengusaha yang sudah diminta. Foke mau mendahui presidennya apa?" cetus Ridwan.

Ditanya apa maksudnya mendahului Presiden, Ridwan mengatakan, "Jatuhnya lebih dulu dari SBY."

Berdirinya patung Obama dinilai Ridwan merendahkan martabat bangsa Indonesia. Kalau pun harus dibuat, lebih baik bentuknya prasasti dan prasasti itu bisa ditaruh di museum di Tanah abang IV. "Kalau mau bikin prasasti saja, taruh di sana (museum)," cetus dia.

Penolakan atas patung Obama tidak hanya dilontarkan Ridwan Saidi, belasan ribu masyarakat Indonesia yang memiliki akun Facebook juga menolak berdirinya patung itu.

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5
Lemon dan madu

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Radang tenggorokan saat berpuasa bisa menjadi hal yang menyebalkan. Rasa gatal, perih dan kering di tenggorokan dapat mengganggu ibadah dan aktivitas sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024