Tewas Usai Orasi

Andi Tewas Saat Long March

VIVAnews - Andi Faralay, Ketua Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GNPK) Pemalang, meniggal dunia saat melaksanakan aksi long march menuju Bundaran Hotel Indonesia, Rabu 9 Desember 2009.

Menurut Badan Penasehat GNPK bernama  Tukiono, massa GNPK memang sengaja melakukan aksi dengan loch march dari tempat penginapan mereka di Hotel Red Top, Pencenongan, Jakarta Pusat.

Aksi long march ini dimulai sejak pukul 07.30. Sepanjang jalan korban memang telihat paling bersemangat dan lebih sering berorasi. 

Setelah berjalan selama dua jam lebih, pada pukul 09.45, Andi tiba-tiba jatuh pingsang di sekitar jalan Thamrin, Jakarta Pusat.

Sejumlah anggota GNPK berusaha membantu Andi dengan berbagai cara, mulai dari memberikan minyak angin hingga memberikan nafas bantuan.

Namun tetap saja, Andi tidak sadarkan diri. Mereka kemudian segera membawa Andi ke Rumah Sakit Budhi Kemuliaan. Saat tiba di rumah sakit, dokter mamastikan Andi telah tewas.

"Senin sampai Kamis lalu, GNPK memang sedang menggelar acara rapat koordinasi dan dilanjutkan dengan aksi demo," ujar Tukiono, saat ditemui di RS Budhi Kemuliaan.

Sementara itu, menurut keluarga korban yang bernama Katman, Jenazah Andi akan langsung dibawa ke Pemalang sore ini juga begitu urusan administrasinya selesai.

"Hari ini juga akan dibawa ke Pemalang," kata paman korban, Katman, di Rumah Sakit Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat, Rabu 9 Desember 2009.

Sebelumnya, Wakil Kapolres Jakarta Pusat Ajun Komisaris Besar Polisi Firli membenarkan ada seorang demonstran yang tewas usai berunjuk rasa.

Tetapi, Firli membantah korban yang bernama Andi Faralay itu tewas di lokasi demo dan saat sedang orasi. "Tewas dalam perjalanan ke rumah sakit. Diduga kelelahan," kata Firli.

Serahkan Kesimpulan Sidang Sengketa Pilpres, Anies: Semoga MK Beri Keputusan yang Baik
Duel AC Milan vs AS Roma

Prediksi Liga Europa: AS Roma vs AC Milan

Duel AS Roma vs AC Milan dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Olimpico, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024