Bogor Berlakukan "Car Free Day" 6 Desember

VIVAnews -- Seperti halnya di Jakarta, kota Bogor mulai Minggu, 6 Desember 2009 akan memberlakukan hari bebas kendaraan bermotor roda empat (car free day) di sepanjang ruas jalan utama kota Bogor.

Untuk mendukung program yang diusung Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) dan Kepolisian Resort (Polres) Kota Bogor, sejumlah ruas jalan utama di Kota Bogor akan dilakukan penutupan dan pengalihan arus, pada pukul 06.00-09.00 Wib.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Bogor Ajun Komisaris Polisi Ari Purwantono menjelaskan, kegiatan car free day dilakukan di Jalan Jalak Harupat, Jalan Salak seputar Taman Kencana dan Lapangan Sempur. "Praktis, untuk mensukseskan kegiatan itu sejumlah ruas jalan akan dilakukan pengalihan arus." katanya, Kamis 3 Desember 2009.

Ia mengatakan, car free day ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi dampak polusi udara akibat gas buang kendaraan bermotor. Selain itu, juga memberikan kesempatan kepada masyarakat menikmati udara yang bersih tanpa adanya asap kendaraan bermotor.

Kasatlantas menjelaskan, untuk kegiatan itu, Jalan Jalak Harupat bakal ditutup sementara. Demikian pula sejumlah ruas jalan yang  bersinggungan dengan  Jalan Jalak Harupat. Sementara jalan Pajajaran dan Jalan Sudirman akan ditutup sementara dan dialihkan ke jalan lain.

Sedangkan, kata dia, kendaraan yang datang dari Tugu Kujang yang akan menuju Jalan Djuanda atau Jalan Sudirman melalui Jalan Jalak Harupat akan dialihkan melalui Warung Jambu. Demikian pula kendaraan yang datang dari arah Kedung Halang yang akan menuju ke Jalan Salak dan tembus ke Jalan  Jalak Harupat akan dialihkan melewati Warung Jambu dan Jalan Sudirman.

Untuk angkutan kota yang selama ini melintasi Jalan Jalak Harupat akan juga dialihkan melalui Warung Jambu dan Jalan Jenderal Sudirman.

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan

Demikian juga angkot dari Jalan Juanda seperti 03 yang akan menuju ke Baranangsiang bisa memilih melalui Pasar Bogor atau Warung Jambu. "Untuk angkot fleksibel lah, terserang sopirnya mau lewat Pasar Bogor atau Warung Jambu. Kita akan sosialisasikan tentang kegiatan ini ke Ketua KKSU-nya," tegasnya.

Laporan: Ayatullah Humaeni | Bogor

Dokumentasi BNPB

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Banjir Lahar Dingin yang dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi di wilayah Gunung Semeru membuat meluapnya debit air Daerah Aliran Sungai (DAS).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024