Pesanggrahan Terancam Tenggelam

VIVAnews - Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Fauzi Bowo mengingatkan warga yang menetap di sepanjang kali Pesanggrahan untuk waspada terhadap musim penghujan. Mereka diimbau siap-siap menghadapi hal-hal terburuk dari musim ini.

"Sekarang  Situ Gintung sudah tidak ada, masyarakat harus mewaspadai dan melakukan persiapan menghadapi hal terburuk, " kata Fauzi di Kantor Kepresidenan Jakarta, Selasa 17 November 2009.

Tanda-tanda akan datangnya banjir itu sudah muncul sejak hujan turun pekan-pekan belakangan ini. Misalnya, sebagian kawasan Pesanggrahan sudah mulai digenangi air.

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

Seperti diberitakan sebelumnya, tanggul Situ Gintung jebol pada Maret 2009. Situ ini semula berfungsi sebagai daerah resapan dan penahan banjir di daerah yang berlokasi di bawahnya, termasuk Pesanggrahan. Setelah jebol, kini tidak ada lagi tempat penahan air.

Tapi, masyarakat tetap diminta tidak panik. Sebab, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, juga sedang mengantisipasi jika sewaktu-waktu banjir datang. Misalnya, menyiapkan tempat pengungsian dan bantuan medis serta makanan.

Mengenai nasib Situ Gintung, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan berkoordinasi dengan Departemen Pekerjaan Umum untuk perbaikan tanggul situ.

"Membutuhkan waktu satu tahun dan kira-kira menghabiskan satu triliun rupiah lebih untuk perbaikan," katanya.

 

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya
Dinsos Makassar razia dengan mengamankan manusia silver yang mengemis di Jalan Kota Makassar.

Gak Main-main, Manusia Silver di Makassar Bisa Raup Hingga Rp 8 Juta per Bulan

Dinsos Kota Makassar Sulawesi Selatan membeberkan temuannya terkait pengemis di Kota Daeng, salah satunya soal penghasilan manusia silver yang mencapai Rp8 juta per bulan

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024