METRO

2010, Pelabuhan Tanjung Priok Dapat Pesaing

Pelabuhan itu rencananya akan berlokasi di bagian timur laut Jakarta.
Selasa, 10 November 2009
Oleh : Antique, Purborini
Tumpukan peti kemas ekspor di Tanjung Priok

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun pelabuhan tandingan Tanjung Priok pada tahun depan.

"Tanjung priok akan mendapat kompetitor," kata Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo saat acara Sustainable Jakarta Convention di Hotel Four Season Jakarta, Selasa, 10 November 2009.

Pelabuhan itu rencananya, kata Foke, panggilan akrab Fauzi Bowo, akan berlokasi di bagian timur laut Jakarta. "Kami tengah mengembangkan di daerah timur laut Jakarta," ujarnya.

Fauzi menuturkan, pembangunan pelabuhan tersebut memanfaatkan Undang-undang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Rencananya, pelabuhan itu akan meniru pelabuhan di Los Angeles. "Setiap kapal yang mau merapat harus memenuhi persyaratan tertentu," kata dia.

Foke menambahkan, sehingga pengelolaan pelabuhan itu akan memenuhi kriteria lingkungan yang baik. "Kita ingin agar green environment tercipta dalam pelabuhan baru itu," ujarnya.

Pelabuhan tandingan tersebut, lanjut Fauzi, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jakarta. "Pertumbuhan tahun ini saja mencapai 5,2 persen, kami berharap akan bertambah tahun depan," tutur dia.

Tanjung Priok saat ini, kata dia, mengusai ekspor hingga 70 persen. "Monopoli tidak akan memberi level service yang baik," ujar Fauzi.

antique.putra@vivanews.com

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found