METRO

Bikin Kartu Kuning Bisa Lewat Internet

Calon pencari kerja tinggal mengisi data yang ditetapkan Departemen Tenaga Kerja.

ddd
Kamis, 29 Oktober 2009, 14:13
 
  (calstreets.com)

VIVAnews - Masyarakat Jakarta saat ini tidak perlu repot-repot datang ke Kantor Dinas Tenaga Kerja atau kecamatan untuk membuat kartu kuning. Karena pelayanan pembuatan kartu kuning bagi calon pencari kerja dapat dilakukan dengan sistem online.

Pemohon kartu kuning dapat melakukan pembuatan dengan sistem mutakhir melalui Visijobs.com, yang merupakan mitra kerja dari dari Disnakertrans DKI Jakarta.

Dalam sistem ini, pencari kerja tinggal mengisi data yang ditetapkan Departemen Tenaga Kerja. Maka hanya dengan menekan beberapa tombol saja, permohonan sudah mendapatkan kartu kuning.

Setelah melalui proses pengisian data, pemohon kartu kuning akan memperoleh "Resi" yang bisa langsung digunakan.

"Resi permohonan pembuatan kartu kuning kemudian dibawa ke kantor Dinas Tenaga Kerja," jelas Direktur Ekeskutif visijobs, Emy Trimaharani, di kantor Disnakertrans DKI Jakarta, Kamis 29 Oktober 2009.

Selain untuk pembuatan kartu kuning baru, para pencari kerja yang telah memiliki kartu kuning juga bisa memperpanjang kartu kuning yang telah habis masa berlakunya melalui sistem yang sama.

Setelah dilakukan penguisian data secara on-line, resi permohonan pembuatan kartu kuning tetap harus dibawa untuk memeproleh stempel dan tanda tangan asli dari kantor dinas tenaga kerja.

"Setelah melalui proses cetak, dan dibubuhi tandatangan beserta stempel, pencari kerja hanya tinggal menempelkan photonya saja. Dengan sistem ini diharap bisa menghemat waktu, tenaga dan biaya,” ujarnya lagi.

Sebelumnya, untuk memperoleh kartu kuning, si pelamar kerja harus mendatangi kantor Kecamatan ataupun kantor Dinas Tenaga kerja. Dengan Persyaratan membawa KTP, ijazah serta pas photo ukuran 2x3. Pelamar kerja baru bisa memperoleh kartu kuning.

Ke depan, proyek pembuatan kartu kuning ini akan digarap sendiri  Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta.

"Pembuatan kartu kuning dengan sistem ini baru berlaku di Jakarta saja," tambah Kepala bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta , Kartini.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
khabyby
01/09/2010
sistem yang mulai mendekati efektif birokasi. Sy sarankan gunakan pendekatan indutrial engineering for govenrment more effective system agar lebih baik kepada 99% efektive birokrasi... salam Indutrial Engineers
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id